Cara Setting Google Now, Menjalankan Android dengan Suara

Google Now adalah salah satu fitur andalan dari Android guna membantu penggunanya untuk menemukan atau mencari sesuatu di internet melalui Google. Aplikasi dari Google ini mulai ada semenjak versi Android Jelly bean 4.1. Kelebihan fitur asisten dari Google ini adalah sudah mendukung bahasa Indonesia sehingga kita tidak perlu repot repot berbocara dalam bahasa Inggris. Lalu seperti apa cara setting Google Now? Berikut ini adalah langkah langkah yang harus anda ikuti.

update-google-now

  • Pertama tama pastikan anda sudah menginstal aplikasi Google terbaru. Jika belum, segera lakukan update terlebih dahulu beserta aplikasi Google lainnya. Karena aplikasi Google lainnya yang terinstal di smartphone anda dapat berinteraksi dengan menggunakan Google Now.
  • Jika search bar milik Google belum ada di desktop anda, pasang dengan cara tekan tahan di halaman depan desktop anda kemudian pilih widget Google Search Bar. Hal tersebut merupakan cara setting Google Now untuk menempatkannya di halaman depan.
  • Ada beberapa jenis perintah yang bisa lakukan disini, yang pertama adalah anda berkata “OK Google” di halaman desktop tempat widget tersebut ada. Secara otomatis Google akan memunculkan sebuah layar berwarna putih dengan empat buah titik warna warni. Yang kedua adalah dengan menekan tombol mic di widget kemudian mengatakan perintah anda. Sedangkan yang terakhir adalah apabila anda tidak berada di halaman utama, yang anda bisa lakukan adalah memencet tombol home selama beberapa detik sehingga memunculkan jendela yang sama.
  • Salah satu problem dari Google Now adalah bahasa yang digunakan secara default oleh aplikasinya. Nah untuk itu ada cara setting Google Now agar bisa mengenali bahasa Indonesia. Pertama, buka aplikasi Google.
  • Setelah itu, tekan menu yang berupa tiga garis di pojok kiri atas.
  • Buka setelan atau setting.
  • Kemudian pilih Bahasa Pencarian atau Search Language, kemudian pilih bahasa Indonesia
  • Selanjutnya ke menu setting utama, pilih Suara.

setting-google-voice-now

  • Di pilihan Suara, pilih bahasa kemudian pilih bahasa Indonesia. Disini anda bisa memilih lebih dari satu bahasa dan Google dapat mengenalinya dengan mudah selama suaranya dapat tertangkap dengan jelas dan memiliki jaringan internet yang baik.

Nah itulah langkah langkah cara setting Google Now sehingga smartphone ada semakin pintar dan juga bisa memanfaatkannya tanpa harus repot mengetik.

listen-google-now

Beberapa perintah yang bisa anda masukkan adalah seperti berikut:

OK Google!

“Peta Kota Bandung” maka akan ditampilkan peta kota Bandung.

“Set alarm jam nol lima tiga puluh” maka akan memasang alarm jam 05.30

“ATM terdekat” maka Google akan membuka Google Maps kemudian menampilkan ATM yang terdekat.

Bagaimana? Menarik bukan? Ayo coba, namun jangan lupa cara setting Google Now diatas tadi agar semakin memudahkan anda dalam browse internet menggunakan suara.

Kolom Komentar dan Bertanya