Cara Mengecek HP Android Bisa Menggunakan VR atau Tidak

Virtual Reality memang sedang booming saat ini. Teknologi yang bisa menempatkan dunia digital pada dunia nyata ini ramai digunakan baik untuk dunia hiburan maupun aspek lainnya. Produsen smartphone pun tidak mau ketinggalan untuk mengaplikasikan VR di produk mereka. Hasilnya? Sangat memuaskan, hanya saja pengembang aplikasi VR masih terbatas dan masih menunggu pengembangan lebih lanjut agar semakin bervariatif. Namun sayangnya tidak semua smartphone mampu digunakan untuk bermain VR. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar aplikasi berkemampuan VR bisa berjalan. Berikut ini adalah penjelasan cara mengecek dukungan VR di smartphone anda.

VR sangat membutuhkan sebuah sensor yang bernama gyroscope sensor. Keberadaan sensor ini adalah syarat utama kelancaran VR karena dari sensor inilah data mengenai pergerakan perangkat kita akan dikirimkan sehingga membuat aplikasi bergerak sudut pandangnya sesuai dengan gerakan kita. Meskipun beberapa pengembang telah mengembangkan aplikasi untuk bermain VR tanpa gyroscope. Namun hasilnya tidak semulus yang menggunakan gyroscope. Cara mengecek dukungan VR yakni gyroscope sensor adalah sebagai berikut.

artikel-android_cara-mengecek-dukungan-vr-di-smartphone-anda

  • Instal aplikasi sensor box for android dari Playstore
  • Setelah install buka aplikasinya. Pada halaman awal aplikasi akan tampak 9 ikon yang menunjukkan keberadaan sensor yang berada dalam perangkat kita.

menu-android-sensor-box

  • Icon yang berwarna hitam putih dan juga memiliki tanda silang berarti merupakan sensor yang tidak dimiliki oleh perangkat anda.
  • Cek bagian gyroscope, apakah perangkat anda mendukungnya atau tidak.
  • Jika iya anda bisa memainkan aplikasi VR dengan lancar tanpa kendala.
  • Jika tidak maka anda bisa mencari cara lain yang mungkin membutuhkan akses root agar dapat memainkan aplikasi VR.

Bagaimana? Mudah bukan cara mengecek dukungan VR di smartphone anda? Jika tidak ada sensor gyroscope namun masih memiliki sensor accelerometer dan juga sensor kompas, masih ada kemungkinan besar untuk bisa memainkan VR. Namun caranya sedikit lebih rumit yakni sebagai berikut:

(ingat, DWYOR atau Do With Your Own Risk, pastikan membackup data anda sebelum melakukan proses dibawah ini)

  • Pastikan perangkat anda sudah di root, cara meroot android disetiap brand bisa saja berbeda.
  • Pastikan lagi perangkat anda mendukung sensor accelerometer dan juga sensor kompas, jika tidak maka dipastikan anda tidak bisa menjalankan VR.
  • Pastikan perangkat anda terpasang Xposed.
  • Melalui Xposed, cari modul bernama Virtual Sensor kemudian install, aktifkan modul dan reboot perangkat anda
  • Virtual Sensor akan bertindak sebagai gyroscope yang memperoleh data dari sensor accelerometer yang dikombinasikan dengan sensor kompas.
  • Karena tidak menggunakan sensor gyroscope asli, cara mengecek dukungan VR di smartphone anda yang terinstal Virtual Sensor adalah dengan menginstal langsung aplikasi yang mendukung VR seperti Pokemon Go atau yang lainnya.

Selamat mencoba.

Kolom Komentar dan Bertanya