Cara Mengaktifkan Fitur Google Now Android

Google Now, asisten pribadi digital. Pertama hadir di Android 4.1 Jelly Bean di perangkat Galaxy Nexus, Secara garis besarnya Google Now mempunyai fungsi memberikan informasi dan melakukan perintah setelah kita mengucapkan salah satu kalimat.artikel-android_cara-mengaktifkan-fitur-google-now-android-1

Google Now mengalami perbaikan dan juga penyempurnaan, aplikasi asisten pribadi ini jadi semakin bisa diandalkan dalam merespon perintah berdasar ucapan dari pengguna perangkat. Dan sekarang Google Now sudah menjadi fitur standar dari ponsel yang berbasis Android.  Berikut cara mengaktifkan fitur google now Android agar lebih maksimal.

  • Jalankan aplikasi Google Setting yang ada di App Drawer atau Homescreen. Pilihlah Search & Now>> Now Cards dan kemudian aktifkan Show All Card jadi posisi ON.
  • Akan ada tampilan guna mengaktifkannya. Tekan Setup>> Yes, I’m In sebanyak dua kali. Otomatis Google Now kita sudah aktif. Setelah terbuka, lalu tekan Menu yang ditandai tiga garis pada kiri atas di aplikasi Google. Tekanlah Setting>> Voice>> “OK Google” detection. Yang menarik, Google Now ini juga bisa menerima perintah dalam bahasa Indonesia. Tapi, sebelumnya ubah dulu pengaturan bahasa yang terdapat pada bagian Language. Tekan pilihan lalu aktifkan bahasa yang kita inginkan. Lalu tekan Save untuk menyimpan settingannya tersebut.
  • Kembali pada halaman sebelumnya, lalu tekan “OK Google” Detection dan aktifkan juga semua pilihan yang ada pada posisi ON. Khusus untuk pilihan Form Any Screen, kita akan dipandu untuk mengerjakan beberapa konfigurasi secara manual. Diantaranya adalah mengucapkan kata agar Google Now jadi lebih mudah menangkap suara kita. Sampai disini, pengaturan Google Now standar kita telah selesai.
  • Setelah bisa digunakan secara Online, Google Now juga dapat digunakan secara offline atau saat tidak terkoneksi dengan internet. Tetaoi sebelumnya kita meski melakukan beberapa pengaturan sperti berikut. Jalankan aplikasi Google>> Menu Setting>> Voice>> Offline Speech Recognition. Di sini kita bisa mengunduh bahasa yang akan digunakan. Namun, mode Offline ini belum menyediakan pilihan bahasa Indonesia.
  • Bila ingin mendapatkan informasi real-time tentang kondisi di jalan raya, jarak tempuh suatu tempat ke tempat lain, ataupun mengenai ramalan cuaca pada suatu daerah, Kita meski mengaktifkan fitur Location demi mendapatkan informasi berbasis lokasi yang akurat. Pada aplikasi Google, geser sampai ke bagian paling bawah dan temukan juga pilihan Get Location Based Cards. Tekan setting yang ada di bawahnya. Atur Location ke posisi ON. Lalu rubah pilihan Mode ke High Accuracy.
  • Selanjutnya kita bisa melakukan pengaturan lain, untuk menampilkan informasi lain yang dibutuhkan sesuai dengan minat kita. Jalankan aplikasi Google, tekan ikon Menu pada sisi kiri atas, pilih Costumize. Atur informasi atau hal yang ingin ditampilkan berdasar kategori yang tersedia.

Itulah cara mengaktifkan fitur Google Now, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Kolom Komentar dan Bertanya