Perbedaan Prosesor di Smartphone Android yang Perlu Diketahui

Prosesor smartphone seperti Otak yang ada pada manusia, sangat berperan penting mengatur kinerja smartphone itu sendiri. Jadi dibutuhkan prosesor yang berkualitas supaya bisa menghasilkan smartphone yang tentunya berkualitas. Disaat sekarang ini banyak smartphone yang menggunakan prosesor berkualitas, antara lain seperti Snapdragon, Mediatek, Exynos dan juga Intel. Namun, pada kesempatan kali ini kita akan membahas perbedaan prosesor di smartphone android yaitu, Snapdragon, Mediatek, dan Exynos karena hanya tiga prosesor ini yang paling banyak digunakan di smartphone keluaran terbaru saat sekarang ini. Ketiganya ini juga saling bersaing dengan cara menciptakan macam prosesor yang mutakhir.

Sebelumnya saya sudah sedikit mengulas apa itu CPU dan GPU di Android. Pada ulasan kali ini akan lebih mendetail tentang CPU (Prosesor) Android.

1. Exynos

kelebihan-prosesor-exynos

Prosesor berasal dari negeri ginseng yaitu korea pada sekarang ini tengah berada di puncak pasar dari penjualan ponsel pintar yang basis Android, karena banyak sekali d gunakan oleh smartphone Samsung. Prosesor Exynos ini sering juga dibilang sebagai prosesornya orang ‘kaya’, dikarenakan smartphone yang memakai prosesor Exynos ialah smartphone flagship dengan harga yang tentunya lumayan mahal, antara lainnya seperti smartphone buatan Samsung, Galaxy S7 dan Note 7, namun tidak hanya samsung saja yang mengguakannya prosesor Exynos, karena Meizu juga memakai pada ponsel flagship. Prosesor Exynos ini dapat dibilang hampir tidak ada kelemahan. Performanya bisa memberikan pengalaman menggunakan smartphone jadi menyenangkan, multitasking dan gaming pun sedikit dengan kata ‘lag’. Tapi, tetap smartphone yang menggunakan prosesor Exynos mempunyai harga cukup mahal.

2. Snapdragon

kelebihan-porsesor-snapdragon

Prosesor Snapdragon dapat dibilang merupakan pesaing terberat prosesor Exynos. Karena di level, bawah, menengah dan juga atas, prosesor Snapdragon ini laris manis dipakai banyak pabrikan smartphone. Harga lebih murah dan juga performa yang cukup gahar bahkan setara dengan Exynos, jadi nilai jual bagi vendor smartphone untuk menggunakan prosesor Snapdragon ini pada smartphone ciptaanya. Snapdragon juga seringkali melahirkan teknologi prosesor terbaru yang belum pernah ada. Sekarang ini Snapdragon mempunyai tiga tipe dari prosesor, ada versi 400 bagi entry-level, 600 di kelas menengah, dan juga terakhir 800 pada jajaran flagship. Prosesor pabrikan Qualcomm ini adalah yang paling baik pada sisi kinerja dan efisiensi. Ketahanan pada konsumsi daya baterai dan pengolahan grafis tinggi merupakan kelebihan dari Snapdragon ini.

3. MediaTek

kelebihan-prosesor-mediatek

Prosesor ini beberapa waktu lalu sudah membuat kejutan dengan dikeluarkanya Chipset Helio X20, X25, dan X30 yang akan keluar sebentar lagi, Prosesor mediatek adalah prosesor pertama di dunia yang memiliki 10 inti (core). Meskipun dulu pernah down saat selalu bermain di jajaran kelas bawah, pada akhir-akhir ini MediaTek mulai untuk menunjukan eksitensinya dengan cara mengeluarkan prosesor seri P dan X yang mampu bersaing dengan prosesor kelas atas lainnya. Kelebihan MediaTek yang belum bisa diikuti pabrikan lain yaitu, harganya yang cukup murah meskipun itu seri X. Lihat saja Xiaomi Redmi Pro yang mengusung prosesor Helio X25, dengan harga 3 hingga 4 juta kita sudah dapat merasakan performa flagship.

Dengan mengetahui beberapa prosesor ini anda bisa mempertimbangkan dalam membeli smartphone Android, Semoga bermanfaat untuk anda.

Kolom Komentar dan Bertanya