Cara Rahasia Mempercepat Charging Smartphone Android

Tips mempercepat charging smartphone ini tidak membutuhkan suatu akses root atau sejenisnya, ini tips dan trik untuk mepercepat charging, misal smartphone kita dilengkapi fitur fast charging, dengan cara ini, kita dapat mempercepat fitur fast charging jadi lebih cepat. Simak tips-tipsnya berikut ini.

1. Aktifkan mode air plane atau pesawat

flight-mode-android-is-on

Pertama, kenapa mode ini dapat mempercepat charging, pada mode ini smartphone akan bekerja lebih ringan, dikarenakan secara otomatis internet dan juga data internet akan mati, sehingga smartphone tidak bekerja keras, dan tentu saja aplikasi-aplikasi yang terus berjalan dan  juga merefresh otomatis akan berhenti pada mode ini, seperti misalnya aplikasi facebook, whatsapp, bbm dan lainnya (Baca Daftar Aplikasi Penyedot Daya Baterai), sehingga ketika smartphone bekerja dengan sedikit, tentu daya baterai yang digunakan pula akan sedikit, dan ini tentu mempercepat waktu pengisian.

2. Matikan fitur yang tidak di gunakan

Selanjunya, Mematikan fitur dapat mempercepat charging  kita, karena bila fitur-fitur yang tidak sedang kita gunakan tetap ON maka smartphone akan butuh banyak daya, fitur-fitur seperti GPS, NFS, Wifi dan juga bluetooth dimatikan, atau fitur-fitur lain jadi smartphone tidak bekerja lebih extra saat di charge, boleh dihidupkan lagi setelah charge selesai, namun untuk menghemat baterai lebih baik gunakan saat benar-benar dibutuhkan saja fitur-fitur tadi.

3. Jaga agar smartphone tetap dingin

Jaga smartphone agar tetap dingin juga bisa mempercepat proses charging, bila kita menggunakan cover, lebih baik lepaskan dulu cover bila kita terburu-buru untuk mengisi smartphone, sehingga smartphone tetap pada keadaan dingin, menjaga tetap dingin bisa mempercepat charging atau cas, karena prinsip sederhana dari baterai akan bekerja lebih baik bila baterai dalam keadaan yang dingin.

4. Jangan charge atau cas menggunakan PC atau laptop

Bila kita menginginkan charge atau cas cepat, janganlah gunakan port pc atau laptop untuk mencharger, karena menggunakan pc atau laptop untuk mencharger akan memperlambat pengisian hingga 30 – 50 %, sehingga kita akan membutuhkan waktu yang lebih banyak, lebih baik gunakan saja terminal colokan listrik yang biasa di dinding rumah.

5. Gunakan kabel dan adapter charger yang original

gunakan-kabel-charge-original

Seperti yang kita ketahui, semua smartphone bisa di charge dengan charger atau kabel dengan jenis yang sama, namun perlu di catat, setiap charge dan juga adapter untuk masing-masing smartphone ini mempunyai kapastias sendiri-sendiri, jadi misalkan kapastias kabel dan juga adapter samsung berbeda dengan brand asus, dan asus juga berbeda juga untuk LG, dan LG berbeda untuk nexus, sementara nexus berbeda juga untuk xiaomi, dan semuanya ini berbeda-beda. Saran kami gunakan originalnya saja.

Itulah cara mempercepat pengisian daya baterai(Charge) HP Android, selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk anda.

Kolom Komentar dan Bertanya