Cara Protect (Mengunci) Cell Tertentu di Excel Agar Tidak Bisa Diedit

Jika anda memiliki sebuah file dokumen Excel yang berisikan rumus dan menginginkan cell tertentu tersebut tidak bisa diedit maka anda harus menguncinya. Namun kebanyakan orang belum tau cara untuk protect cell tertentu saja karena umumnya yang biasa dikunci adalah seluruh sheet.

Keuntungan mengunci cell tertentu saja di Excel adalah semua baris, kolom, dan cell dapat diedit kecuali cell yang kita kunci. Berikut ini tutorial trik untuk melakukan hal tersebut.

Cara Mengunci Cell Excel Tertentu Agar Tidak Bisa Diedit

Cara berikut ini saya praktekkan di Microsoft Excel 2010, bagi anda yang masih menggunakan Excel 2007 bisa menyesuaikan menunya. Misalnya kita memiliki sebuah laporan, dimana semuanya bisa diedit kecuali nama judul laporan tersebut.

1. Langkah pertama select/sortir semua cell yang ingin bisa diedit. Kemudian pilih REVIEW -> Allow Users To Edit Ranges. Lalu muncul kotak “Allow User…” pilih NEW.

allow-user-tertentu-di-excel

2. Pada kotak New Range karena cell sudah kita seleksi maka akan muncul di “Refers to cells”. Lalu OK.

new-range-allow-user

Setelah kembali ke kotak “Allow Users…” langsung pilih OK kembali.

allow-user-protect-cell

3. Pilih Cell di judul laporan. Kemudian pilih menu REVIEW -> Protect Sheet. Pada Allow all users berikan tanda ceklis semua. Jika anda ingin memberikan password untuk bisa edit judul laporan dikemudian hari. Lalu OK.

mengunci-cell-tertentu

4. Berhasil, semua cell bisa anda edit dan judul laporan terkunci tidak bisa di Edit.

protect-cell-tertentu

Itulah cara protect cell tertentu di Excel agar tidak bisa di Edit, silahkan baca trik excel lainnya di blog ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Kolom Komentar dan Bertanya