Cara Mengurangi Penggunaan Data Internet Android Agar Hemat

Kehidupan keseharian kita bersama smartphone sudah sangat lekat oleh sebagaian besar masyarakat kita, apalagi dengan semakin murahnya smartphone yang ada, semisal harga s4 sekarang ini sangat murah dari harga awal karena sudah ada versi terbarunya yaitu s6 dan s7, smartphone murah bukan saja menjamin kita menggunakan paket mobile data dengan murah juga, terkadang pemakaian yang tidak terkontrol akan mempercepat habisnya kuota data, apalagi provider di indonesia ini masih menggunakan paket data dengan berbatas kuota, jadi mau tidak mau harus menghargai per MB dari paket tersebut, Oleh karenanya kita akan membahas tips mengurangi penggunaan data android.

1. Compress Chrome Pages

kompress-data-chrome

Yang pertama. Dengan asumsi kita menggunakan Chrome untuk akses semua website, tips ini sendiri bisa menghemat 30-35 persen dari konsumsi data browser ponsel kita. atau dikenal data saver dalam pengaturan, kompres halaman web sebelum terloading didalam browser. Kita bisa memperhatikan data-data, Buka chrome lalu masuk settings dan kemudian data saver, perhatikan pada grafik dan lihat data kita akan ada grafik naik.

2. Buang Aplikasi Facebook

aplikasi-facebook

Aplikasi ini cukup terkenal di kalangan pecinta Android dan Facebook adalah salah satu kontributor yang terburuk tidak hanya untuk konsumsi data, namun juga untuk sumber daya penggunaan yang menguras baterai. Jadi mengapa tidak mengganti dengan sesuatu yang tidak terlalu boros. Tips mengurangi penggunaan data android dengan banyak aplikasi pengganti facebook, misalnya Tinfoil for Facebook,  aplikasi facebook ini bisa menampilkan situs facebook di website, atau hanya dengan membuat shortcut chrome di browser kita caranya buka facebook di chrome kemudian buka menu dan add to home screen. Aplikasi ini juga masuk ke daftar aplikasi penyedot daya baterai yang cepat.

3. Batasi Background Data

aplikasi-messenger-penyedot-internet

Tips mengurangi penggunaan data android termudah untuk menyimpan data ialah untuk memberitahu aplikasi kita (atau sistem Android itu sendiri) untuk membatasi background data ponsel. Background data ialah semua traffic internet yang terjadi saat kita tidak benar-benar menggunakan app itu sendiri, jadi aplikasi tetap proses dan tidak berhenti, namun mereload dan mencari-cari data di internet, misal facebook yang selalu mencari data-data terbaru teman teman yang memposting di beranda, contoh lainnya adalah : email sinkronisasi, feed update, widget cuaca dan masih banyak lagi. Kita bisa mengatur android untuk membatasi data dengan masuk Settings > Data usage > Restrict Background Data atau pada apps di Settings > Apps. kita juga bisa mensetting sync di Google services yaitu pada Settings > Accounts > Google > kemudian pilih akun yang tidak ingin ada sync secara otomatis.

4. Nonaktifkan Aplikasi Messenger yang Tidak Digunakan

Salah satu contoh aplikasi yang menggunakan data internet besar adalah Whatsapp,Path, dan Instagram. Jika anda tidak sedang menggunakannya anda bisa menonaktifkan aplikasi tersebut dengan cara pilih menu di Android SETTINGS -> APPS -> Downloaded -> Whatsapp -> Stop Force.

5. Disable auto-updating apps

Satu yang sangat menguras data pada mobile ialah Google Play app update. Bila play store kita dalam posisi auto update ini akan sangat memakan mobile data tanpa kita sadari. Untuk menonaktifkan kita bisa melalui, masuk ke playstore kemudian pilih garis tiga di pojok kiri, lalu setting kemudian  pilih”Do Not Auto-Update Apps” atau bisa juga only over Wi-Fi.

Itulah beberapa cara untuk menghemat data internet anda dengan menggunakan smartphone Android, selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk anda.

Kolom Komentar dan Bertanya