Perbedaan Rumus Excel COUNT, COUNTA dan COUNTBLANK

Mungkin sepengetahuan anda untuk mengetahui jumlah data yang ada di workshet Excel bisa menggunakan rumus COUNT. Namun ternyata untuk rumus ini banyak sekali macamnya seperti COUNTA, COUNTBLANK, COUNTIF, COUNTIFS. Masing-masing memiliki kegunaannya tersendiri tergantung jenis data yang anda olah. Berikut ini saya akan memberi sedikit penjelasan perbedaan dari 3 rumus tersebut.

Perbedaan Rumus COUNT, COUNTA dan COUNTBLANK Beserta Contoh

Berikut tabel perbandingan dari ketiga rumus excel ini:

perbedaan-rumus-count-counta-countblank

#Rumus COUNT

Sudah jelas rumus ini digunakan untuk mengetahui jumlah data, tetapi berfungsi pada data berupa angka dan tanggal saja (Tidak berlaku untuk data berupa text). Rumus ini memunculkan jumlah data yang ada, jika ada dalam tabel terdapat data ksosng atau text maka tidak akan terhitung. Sebagai contoh perhatikan pada tabel di atas.

Pada kolom Tanggal, Satuan, dan Harga untuk penggunaan rumus COUNT memunculkan hasil. Sedangkan untuk kolom Nama Barang tidak keluar outputnya. Pada tabel harga satuan terdapat satu baris yang berupa rumus yang error maka itu tidak terhitung dalam rumus COUNT.

#Rumus COUNTA

Pada rumus COUNTA hanya menghitung jumlah data berupa data Text atau huruf tetapi juga bisa memunculkan data berupa angka atau kombinasi keduanya.

Jika diliat dari tabel untuk semua kolom semuanya terhitung oleh rumus COUNTA tetapi untuk data kosong dan error dan rumus error tidak terhitung.

#Rumus COUNTBLANK

Kegunaan rumus ini adalah untuk menghitung jumlah cell yang kosong dan tidak ada rumus. Semua data baik data angka dan text bisa terhitung, ekcuali untuk kolom yang terdapat rumus error.

Dengan demikian secara keseluruhan untuk mengetahui jumlah data yang ada bisa menggunakan COUNTA karena bisa membaca semua data baik data angka ataupun teks. Dan mengetahui data kosong bisa menggunakan rumus COUNTBLANK. Untuk rumus COUNTIF adalah mengetahui jumlah data berdasarkan karakter text yang kita inginkan, akan saya bahas di tutorial selanjutnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk anda.

Kolom Komentar dan Bertanya