Cara Mudah Print Halaman Web Secara Utuh di Komputer

Hampir semua sumber informasi yang terdapat di situs website atau blog bisa anda cetak (Print). Namun terkadang hasil cetakan tidak mencakup semua halaman web tersebut. Pada kesempatan ini saya akan berbagi trik agar anda bisa print dengan ukuran utuh (Full) dari suatu website.

Untuk print halaman website secara utuh ada beberapa cara yaitu bisa melalui browsernya langsung atau dengan menggunakan add ons tambahan. Add-ons atau extension adalah software tambahan yang terinstall di browser. Berikut ini tutorial selengkapnya:

Cara Print Halaman Website Secara Full Halaman di Mozilla dan Chrome

Agar halaman website dapat tercetak dalam ukuran penuh maka kita harus meng-konvert halaman tersebut ke dalam file PDF.

Langkah pertama yaitu silahkan anda Install Software Foxit Reader. Software ini fungsinya sama saja dengan Adobe Reader, silahkan anda download software ini di situs resminya: foxitsoftware.com. Lalu Install.

1.Mozilla FireFox

Langkah pertama tampilkan Menu Bar dengan cara klik kanan pada bagian frame Mozilla kemudian pilih Menu Bar. Update Mozilla anda ke versi terbaru, pilih menu HELP -> About Firefox.

Menampilkan Menu Bar di Mozilla

Buka halaman website yang akan anda cetak. Pilih menu File -> Print atau bisa menekan tombol di Keyboard CTRL P.

Print Halaman Web di Mozilla

Kemudian pada nama Printer ganti dengan Foxit Reader PDF Printer. Lalu OK. Maka sebelum di cetak halaman web tersebut akan disimpan dahulu dalam bentuk PDF. Lalu SAVE.

2. Google Chrome

Jika di Chrome sangat mudah, update Google Chrome anda ke versi terbaru dengan cara pilih Menu -> Help -> About Google Chrome. Selanjutnya buka situs yang anda akan cetak. Selanjutnya tekan tombol CTRL P. Kemudian pada pengaturan Printer ubah Destination menjadi Save as PDF. Lalu SAVE.

Save Web ke PDF di Chrome

Simpan File dalam bentuk File PDF yang nantinya bisa anda cetak.

Print Halaman Web  di Chrome

Jika anda rasa hasil konvert halaman website tersebut tidak rapih dalam bentuk PDF maka cara kedua yaitu anda bisa menggunakan add-ons dan extension dari masing-masing kedua browser tersebut. Untuk tutorial lengkapnya bisa anda baca di “Cara Menyimpan Halaman Web ke PDF Full“. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Kolom Komentar dan Bertanya