Cara Ampuh Mengecilkan (Resize) Ukuran File Video Sampai 30% dari Aslinya

Jika anda memiliki sebuah video dan ukuran file nya terlalu besar untuk di upload ke youtube atau akan di simpan di smartphone maka perlu coba cara berikut ini untuk mengecilkan ukuran video hingga 30% dari ukuran file aslinya.

Cara Resize Ukuran File Video Menjadi Kecil

Sebelumnya kita siapkan dahulu 2 software untuk membantu kita dalam mengecilkan ukuran file video. Bisa anda download berikut ini:

 

 

Ekstrak semua file yang sudah di download tadi. Kemudian pindahkan Video yang akan di kecilkan ukurannya ke dalam folder Encode Video. Kita lihat ukuran awal dari video adalah 25 MB. Di dalam folder tersebut ada beberapa ukuran resolusi: 720p, 480p, 360p. Semakin kecil ukuran resolusi maka semakin kecil ukuran file namun lebar layar saat diputar di video nantinya akan semakin kecil. Lalu pilih Video dan drag (Tarik) ke arah ukuran resolusi. Misalnya saya pakai 720 Piksel.

Resize Video Terbaik

Nantinya akan muncul tampilan CMD yg sedang jalan, Tunggu proses tersebut hingga selesai.

Resize Video Encode

OK. File video sudah selesai dikecilkan yang berformatkan “.mkv”. Namun tunggu dahulu karena file video tersebut tidak memiliki suara. Untuk bisa diisi suara kita memakai Software MKVToolnix yang sudah kita download tadi. Buka file mkvtoolnix-gui.exe. Tarik (drag) file video yang sudah dikecilkan tadi pada kotak Source File.

Coba Gabungkan Video dan Audio

Lakukan hal yang sama pada file video aslinya. Jika muncul kotak pertanyaan pilih OK.

Mix Video dan Audio

Selanjutnya  di bagian kotak Tracks, chapter and tags, uncheck/hilangkan centang yg file kedua.Lalu pilih tombol START MUXING.

Mengecilkan Ukuran File Video

Tunggu proses mix nya selesai. Nantinya file output berupa file yang berakhiran nama file (1). Jika dilihat dari ukuran filenya sangat berbeda jauh sekali yang tadinya 25 MB sekarang menjadi 5 MB. Jika diputar video tersebut maka kualitasnya hampir sama dengan file video aslinya.

Akan tetapi ada beberapa format video yang tidak bisa digabungkan dengan menggunakan MKVToolnix yaitu 3Gp dan WMV. Demikian cara mengecilkan ukuran file Video sampai 30%, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Kolom Komentar dan Bertanya