Cara Menyimpan File ke Google Drive di Android

Jika anda memiliki file penting di smartphone Android alangkah baiknya perlu menyimpannya file ke Google Drive. Jika suatu hari nanti HP Anda hilang maka file penting tersebut masih tersedia di Google Drive dan bisa di-download kembali. Berikut ini panduan untuk mengupload file ke Google Drive menggunakan HP Android.

Google Drive Android

Seperti halnya upload file ke Google Drive di PC, di Android juga mengharuskan anda memiliki akun Google yaitu akun GMail. Tentunya pengguna HP Android agar bisa mendownload aplikasi perlu memiliki akun GMail.

Cara Upload File ke Google Drive Android

  • Saya anggap kalian sudah memiliki akun Google. Silahkan update Aplikasi Google Drive di HP mu melalui Google Play Store.
  • Sebelum melakukan upload kita atur beberapa settingan. Pilih MENU -> SETELAN (Settings) -> Matikan Pengguaan Data. Tujuannya adalah agar kita bisa upload file menggunakan data paket Internet kartu GSM yang anda gunakan.

Setting Google Drive

  • Jika sudah buka aplikasi Google Drive. Pilih tanda NEW (Plus) -> Jika file yang ingin diupload selain Word,Excel, Power point silahkan pilih UPLOAD.

Upload FIle Google Drive Android

  • Dalam tutorial ini saya mencontohkan cara upload file lagu. Jika file yang anda upload berupa foto silahkan pilih GALERI. Jika tidak silahkan pilih aplikasi jenis EXPLORER untuk menemukan file lagu (mp3.). Dalam hal ini saya memakai ROOT BROWSER yang jelas terbukti berhasil. Cari folder file lagu Mp3 berada.

Upload MP3 ke Google Drive

  • Tunggu proses upload sampai selesai.

Upload File Lagu MP3 di Google Drive

File yang anda upload akan aman di akun Google Drive terkecuali orang lain tau password akun GMail anda. Untuk itu perlu dilakukan penggantian password secara berkala. Silahkan baca tutorial Cara Ganti Password GMail. Selamat mencoba.

Kolom Komentar dan Bertanya