Cara Mengubah File RAR ke ISO Game PPSSPP

Sekarang anda bisa main game PSP di komputer atau Smartphone Android anda dengan menggunakan emulator PPSSPP yang gratis. ROM Game PPSSPP biasanya berbentuk file RAR, untuk bisa memainkannya di emulator maka file tersebut di ekstrak terlebih dahulu ke file format ISO.

Untuk mendownload game PSP yang bisa dimainkan di emulator komputer atau Android bisa anda dapatkan di situs penyedia ROM file game PlayStation Portable. File yang bisa di load di emulator adalah berformatkan ISO, namun kebanyakan file yang didownload berupa file RAR, tujuannya yaitu agar ukuran file yang didownload kecil.

Oleh karena itu file RAR tersebut kita ekstrak menjadi file ISO. Berikut ini tutorial selengkapnya dari file game PSP yang saya download di www.emuparadise.me. Sebenarnya caranya sudah saya ulas di tulisan sebelumnya.

Cara Ekstrak File RAR ke ISO Game PSP

  • Cara ini adalah dilakukan di komputer. Setelah file game ektensi RAR didownload, silahkan anda ekstrak file tersebut menggunakan WINRAR, jika anda belum memiliki software tersebut silahkan download di www.win-rar.com. Cara ekstraknya arahkan kursor mouse ke file lalu tekan tombol kanan mouse lalu pilih Extract Here.

ekstrak file RAR ROM PSP

  • Lalu buka folder hasil ekstrak. Lalu urutkan file berdasarkan tipe dengan memili Sort By Type.

Sort type file

  • Maka file RAR akan terkumpul mulai dari atas ke bawah. Pilih/seleksi semua file RAR, kemudian tekan tombol kanan mouse lalu pilih “EXTRACT HERE“.

Mendpatkan file ISO ROM

  • Setelah proses ekstrak selesai maka pada bagian paling bawah kumpulan file muncul file berformatkan “.ISO“.

ekstrak file ke ISO ROM Game PSP

File ISO tersebutlah yang anda pindahkan ke HP Android yang digunakan untuk load game di emulator PPSSPP Android ataupun komputer. Jika anda menginginkan kualitas grafik terbaik memakai emulator game ini di PC silahkan baca “Cara Setting Grafik PPSSPP di Komputer“. Untuk setting kontrol silahkan Baca “Setting Joystick di PPSSPP“. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Kolom Komentar dan Bertanya