Kegunaan Aplikasi Adobe Flash Player di Android dan Pengganti Flash Player

Jika anda dulu sering menggunakan komputer pasti tidak asing lagi dengan yang namanya ADobe Flash Player. Sebuah software buatan perusahaan Adobe yang memungkinkan untuk membuat animasi, menonton video streaming dari browser yang anda gunakan.

Adobe Flash Player Android

Sampai-sampai OS Smartphone Android memerlukan aplikasi tersebut untuk menunjang penggunanya dalam browsing di Internet.Fungsi dari Adobe Flash di Android yaitu:

  • Memutar video streaming YouTube di browser
  • Membuka animasi pada website yang terpasang file flash

Namun secara resmi pada tanggal 15 Agustus 2012 secara resemi Flash Player ditarik dari toko aplikasi Google Play. Hal tersebut dikarenakan Adobe Flash Player sangat terlalu berat ukurannya jika pengguna Android sedang browsing yang mengakibatkan penggunaan kuota internet semakin banyak dan batrei mudah cepat habis.

Makanya sekarang ini tidak ada link download lagi untuk Flash Player Android. Selain itu kehadiran teknologi web HTML5, secara tak langsung menggeser peran Flash Player. Rencana Adobe untuk menghentikan pengembangan Flash Player untuk Android, diumumkan pada November 2011, setelah Google mengumumkan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich (Sumber: tekno.kompas.com).

Perubahan ini sangat terasa untuk halaman website yang tampilannya sudah Mobile Friendly, maka tidak ada terlihat lagi bagian dari website yang tak muncul akibat file tersebut mengandung file flash.

Namun pihak Adobe sendiri masih mengembangkan aplikasi pengganti Adobe Flash Player yang bernama Adobe AIR. Aplikasi ini bisa anda download di google play. karena kebanyakan website sekarang sudah support HTML5 maka aplikasi ini berfokus pada game Android yang menggunakan flash. Jadi untuk anda penggemar game Android bisa coba install aplikasi ini. Selamat mencoba.

Kolom Komentar dan Bertanya