Cara Downgrade Samsung Grand Duos I9082 dari 4.2.2 ke 4.1.2

Jika anda memiliki Smartphone Android Grand Duos I9082 dan tanpa sengaja telah mengupgrade dari 4.1 menjadi 4.2 akan merasakan perbedaan yang mencolok pada HP anda yaitu terasa lebih lemot dan berat. Jalan satu-satunya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan cara downgrade.

Smartphone Samsung sendiri terbilang jenis HP yang sangat mudah untuk dilakukan upgrade dan downgrade dengan menggunakan komputer. Pada kesempatan ini saya akan berbagi trik cara downgradenya:

Cara Downgrade Samsung Grand Duos I9082

Sebelum melakukan downgrade pastikan keadaan batrei minimal 80%.

1.Aktifkan Mode USB Debugging caranya baca “Cara mengaktfikan USB Debugging“.

2. Setelah USB Debugging aktif gunakan kabel USB asli bawaan Smartphone Android anda ke perangkat komputer. Tunggu sampai USB Android Samsung Grand Duos terbaca di komputer. Ciri jika sudah aktif yaitu ketika muncul ikon grand duos di mycomputer.

3. Selanjutnya download software dan firmware (Stock ROM) berikut ini:

 

 

4. Jika sudah terinstall semua silahkan ekstrak semua hasil file yang sudah terdownload pakai RAR. Selanjutnya buka software Odin di komputer anda.

5. Matikan Samsung Grand Duos, jika sudah mati total tekan tombol Volume Down + Power + Tombol Tengah secara bersamaan selama 10 detik sampai muncul Mode Downloading.

TOMBOL GRAND DUOS

Setelah masuk Mode Downloading tekan Tombol VOLUME UP.

mode downloading samsung

6. Colokkan kabel USB dari Android ke Komputer sampai Odin mendeteksi device Grand Duos milik anda. Ciri jika sudah terdeteksi seperti berikut.

downgrade Android pakai Odin

Kemudian pilih tombol PDA dan pilih file stock ROM Grand Duos 4.1.2 yang sudah anda download dan ekstrak sebelumnya. Jangan lupa beri tanda ceklis. Jika sudah pilih tombol START.

7. Tunggu proses berjalan ditandai dengan adanya status downgrade pada odin dan di HP.

proses downgrade grand duos

Status pada Odin

proses downgrade Odin Samsung

8. Tunggu hingga status di ODIN muncul tulisan PASS!, sebelum muncul tulisan tersebut jangan cabut kabel USB dan biarkan Samsung Grand Duos restart secara sendirinya.

Berhasil Downgrade Android via ODIN

Jika Grand Duos tidak bisa masuk ke tampilan home atau hanya sekedar muncul logo samsung saja segera matikan HP, kemudian copot batrei dan pasang lagi. Tekan tombol volume up + Power secara bersamaan selama 10 detik sampai muncul mode reset. Pilih Wipe Data/Factory Reset

hard reset android

Setelah itu Confirm dengan memilih “Yes — Delete All User Data” tunggu sampai HP ANdroid anda restart kembali dan masuk ke tampilan normal.

delete user data android

Demikian cara downgrade HP Samsung Grand Duos I9082 versi 4.2.2 ke 4.1.2 dengan mudah, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Kolom Komentar dan Bertanya