Cara Hapus Virus “MonkeyTest” dan “TimeService” di Android 100%Work

Jika HP Anroid anda sering muncul iklan dan terinstall aplikasi padahal anda tidak pernah menginstall aplikasi apapun itu tandanya Android anda sudah terserang virus.

Umumnya HP Android yang terkena virus tersebut ditandai dengan baterai cepat boros, Lemot, muncul iklan di layar HP dan terinstall banyak aplikasi game tanpa sepengetahuan anda. Virus ini biasanya disebabkan oleh virus bernama “MonkeyTest” dan “TimeService” (Baca Ciri-ciri Khusu Virus Ini).

Setiap HP Android anda terhubung ke koneksi internet maka virus ini akan aktif dan memunculkan iklan dan menginstall aplikasi tak dikenal. Sudah banyak dilakukan untuk mengatasi virus ini seperti meng-uninstall/hapus aplikasi tak dikenal dan menginstall aplikasi antivirus namun tetap saja aplikasi ini muncul kembali.

Jalan satu-satunya untuk menghapus virus ini adalah dengan cara reset Android anda. Namun reset android melalui menu di pengaturan android gagal total, virus tersebut kembali lagi. Kali ini saya akan share bagaimana cara reset HP Android untuk menghilangkan bersih virus ini.

Cara Delete Bersih Virus “MonkeyTest” dan “TimeService”

Sebelum melakukan langkah berikut silahkan anda backup data atau memindahkan file penting baik foto, video dari HP Android ke Komputer. Hal ini dikarenakan nantinya semua file akan terhapus.

  • Langkah pertama matikan Auto Sinkron akun Google. Caranya pilih menu Settings -> Backup and reset. Hapus tanda ceklis pada Backup My Data.

mematikan autobackup android

  • Matikan HP Android anda. Setelah mati total tekan tombol POWER dan VOLUME ATAS secara bersamaan, tahan sampai muncul layar logo Android.
  • Setelah masuk ke mode Android System Recovery pilih “Wipe Data/Factory Reset” dengan cara menekan tombol volume bawah dan untuk memilihnya tekan tombol power.

hard reset android

  • Setelah itu Confirm dengan memilih “Yes — Delete All User Data

delete user data android

Setelah itu tunggu proses reset sampai selesai. Setelah selesai maka semua file dan aplikasi akan terhapus. HP Anda akan seperti HP baru, dan tentunya virus tersebut sudah hilang. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

*Catatan: Tiap jenis merk HP Android mungkin berbeda-beda tampilannya namun silahkan anda sesuaikan dengan tutorial yang saya berikan.

Yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah kita anda sedang browsing menggunakan HP Android di situs tertentu dan muncul tampilan bahwa HP Anda terdeteksi Virus maka anda langsung menutup halaman browser tersebut dan jangan mencoba-coba install aplikasi dari situs tersebut karena kemungkinan besar aplikasi tersebut sudah disisipi kode virus yang nantinya HP anda akan kembali terserang virus.

Kolom Komentar dan Bertanya