Cara Membatasi Jumlah Pengguna WiFi Speedy Kita

Jika jaringan WiFi speedy anda tidak diberi password maka anda memerlukan settingan untuk membatasi jumlah pengguna WiFi anda melalui modem speedy nya langsung. Jika semakin banyak yang menggunakan WiFI maka kecepata yang anda peroleh akan turun.

Pembatasan ini dimaksudkan adalah hanya jumlah pengguna tertentu saja yang bisa menggunakan jaringan wifi, misalnya dibatasi 2 orang maka jika sudah ada 2 orang yang menggunakannya (terhubung) maka orang lain tidak terhubung ke jaringan WiFi anda.

Untuk pengaturan pembatasan ini sudah ada di pengaturan di modem. Kali ini saya mencontohkannya pada modem speedy tipe ZTE ZXV10 W300S.

1.Buka control panel speedy dengan mengetikkan alamat IP Address berikut di ke browser anda. http://192.168.1.254/. lalu masukkan password dan username. Jika anda tidak tau username dan password silahkan baca “Username&Password Default

2. Pilih menu Interface Setup -> LAN. Ubah IP Pool Count jadi 2, artinya hanya 2 orang saja yang bisa menggunakan wifi anda. lalu SAVE

batasi jumlah pengguna wifi

Jika anda tidak melakukan hal ini dan memberi password wifi speedy anda maka jika kecepatan anda hanya 1 MBps maka dibagi ke 200 pengguna. Setelah melakukan hal ini maka 1 MBps anda hanya bisa digunakan oleh 2 orang saja. selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Kolom Komentar dan Bertanya