Cara Menghemat Baterai dari Aplikasi Berat di Android

Anda merasa baterai HP Android cepat habis dan boros? silahkan anda ketahui beberapa penyebab dan cara menghemat baterai di HP Android tersebut.

Saat ini baterai smartphone Android yang dimiliki oleh masyarakat berkapasitas 2000-an mAH, dan tetntunya daya tersebut hanya bertahan 1 hari penuh jika HP tidak digunakan untuk main game dan berinternet serta membuka aplikasi media sosial.

Tentunya setiap pengguna smartphon menginginkan HP Android miliknya bertahan lama dan bisa digunakan seharian penuh. Namun sebelum saya mengulas bagaimana cara menghematnya kita ketahui dahulu apa penyebab dari baterai cepat boros di Android.

Penyebab Baterai Android Cepat Boros

1. Banyak Aplikasi Media Sosial Terinstall

Perlu diketahui untuk anda semuanya bahwa aplikasi media sosial salah satu penyebab kenapa baterai HP Android cepat habis. Hal tersebut dikarenakan pemakaian data internet aplikasi media sosial lebih besar dari pada saat anda browsing sehingga pada saat data transfer maka akan mengkonsumsi daya baterai yang besar.

Selain itu aplikasi tersebut tetap berjalan walaupun sudah ditutup (close). Aplikasi media sosial tersebut biasanya berupa aplikasi messenger dan jejaring sosial. Keduanya akan tetap berjalan di HP walaupun sudah di tutup, ditandai dengan munculnya notifikasi dari aplikasi tersebut jika ada pesan.

2. Game HD

Game HD memiliki ukuran file besar dan kualitas grafik yang baik dibanding game-game sederhana. Tentunya pada saat anda memainkan game tersebut GPU Android akan bekerja ekstra keras seperti halnya VGA di komputer (Baca selengkapnya mengenai: “Fungsi CPU dan GPU Android“).

Selain itu game online tentunya cepat menghabiskan baterai selain konsumsi GPU dan juga penggunaan internet yang memerlukan daya listrik dari baterai.

3. Virus

Saat ini hati-hati dengan virus di Android, karena virus tersebut mampu membuat smartphone anda berjalan lambat¬† (lelet) dan baterai cepat boros. Jenis virus yang saat ini ditakuti dan sudah tersebar adalah “MonkeyTest” dan “TimeService”.

Ciri dari smartphone yang sudah terjangkit virus tersebut adalah, lelet, baterei boros, dan muncul iklan di layar HP. Selain itu muncul beberapa aplikasi berjalan bernama kedua virus tersebut.

Cara Hemat Baterai Android

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghemat baterai Android dan solusi dari penyebab baterai boros yang sudah disebutkan tadi.

1. Hapus atau Hentikan Aplikasi

Jika anda aktif di FB dan Twitter saya sarankan untuk membuka kedua media sosial tersebut dengan menggunakan browser saja karena lebih hemat baterai.

Lalu hapus aplikasi media sosial yang tidak terpakai dan membukanya menggunakan browser di HP.

hEMAT bATERAI aNDROID

Cara lainnya jika anda tidak ingin menghapus maka matikan aplikasi tersebut jika sudah tidak di pakai lagi. Caranya pilih menu Settings -> App -> Running (Aplikasi Berjalan), kemudian pilih aplikasi media sosialnya kemudian STOP.

2. Hapus atau jangan terlalu banyak Install game HD

Untuk game HD offline biasanya selalu terhubung ke internet, nah untuk mengatasi hal ini maka anda perlu menerapkan Langkah 1 tadi.

3. Hapus Virus

Untuk mengatasi kedua virus tersebut belum ada cara yang pasti namun ada yang sudah berhasil dan ada yang tidak. Yang berhasil ketika semua aplikasi diinstall di memori SD eksternal, maka caranya yaitu format ulang memori SD tersebut menggunakan komputer. Kalau untuk HP Android yang hanya memori internal sulit untuk disembuhkan.

Namun jika HP Anda belum terkena virus ini maka yang harus diperhatikan adalah ketika anda browsing dan membuka situs yang isinya penuh dengan iklan lalu setelah anda buka situs tersebut maka secara otomatis akan terbuka browser baru dengan muncul tulisan “HP Anda Terkena Virus Maka Harus Install…“. Maka anda harus segera menutup situs tersebut.

Selain cara yang sudah disebutkan tadi ada¬† langkah tambahan untuk menghemat baterei Android yaitu atur kecerahan layar pada mode otomatis, kemudian matikan GPS walaupun GPS bermanfaat untuk mendeteksi HP anda ketika hilang (Baca mengenai : “Cara Lacak HP Android Hilang“) non katifkan GPS ketika anda berada di rumah saja. Selamat mencoba semoga bermanfaat untuk anda.

Kolom Komentar dan Bertanya