Aplikasi Komputer untuk Mendeteksi Siapa yang Mengunakan WiFi Kita

Anda pengguna internet telkom speedy di rumah? dan menggunakan jaringan WiFi untuk menyalurkan jaringan internet ke perangkat elektronik di rumah anda? Maka anda harus berhati-hati karena bisa saja tetangga anda bisa menggunakan WiFi tanpa sepengetahuan anda.

Agar dapat mengetahui siapa saja yang menggunakan WiFi maka kita perlu menginstall aplikasi tambahan di PC. Saat ini banyak sekali aplikasi yang digunakan untuk tujuan tersebut namun saya sering menggunakan aplikasi yang bernama Who is On My WiFi.

Fitur dari aplikasi ini adalah untuk mendeteksi perangkat elektronik baik laptop atau smartphone yang menggunakan WiFi kita. Selain itu menggunakan aplikasi ini anda dapat memblokir atau memutuskan jaringan wifi khusus bagi perangkat yang anda tidak kehendaki. Namun untuk menikmati fitur tersebut anda harus membelinya yang full version.

Untuk yang versi gratis hanya dapat digunakan untuk mendeteksi saja. Keunggulan dari software ini yaitu ringan, kemudian notifikasi atau pemberitahuan apabila terdeteksi ada perangkat lain yang menggunakan WiFi kita maka akan muncul Pop Up di layar kanan bawah kemudian berbunyi. Saya akan jelaskan sedikit menegenai tampilannya seperti berikut:

aplikasi pendeteksi pengguna WiFi

Scan Now untuk men-scan perangat mana saja yang menggunakan WiFi anda. Setelah itu akan muncul perangkat yang terdeteksi, komputer anda sendiri akan terdeteksi pula. Untuk perangkat komputer anda ubah status UNKNOWN menjadi KNOW agar nantinya tidak muncul lagi pemberitahuan perangkat yang menggunakan WiFi agar anda tidak merasa terganggu. Kemudian jangan lupa pilih SAVE CHANGES setelah anda rubah status tersebut.

DOWNLOAD Who is On My WiFi

Aplikasi ini bisa anda download gratis di situs resminya yaitu DISINI.

Agar software ini dapat dijalankan secara lancar maka anda perlu menginstall .NET Framework 3.5.

Nah itulah software yang bisa anda gunakan untuk mendeteksi siapa saja yang menggunakan jaringan WiFi anda tanpa sepengetahuan anda di komputer. Aplikasi ini juga tersedia untuk versi Smartphone Android dan iPhone , selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Kolom Komentar dan Bertanya