5 Aplikasi Android yang Membuat Baterai Boros Serta Cara Solusinya

Jika baterai HP Android anda boros atau cepat habis mungkin perlu dilakukan pengecekan aplikasi mana saja yang memakan konsumsi daya baterai yang besar. Pada kesempatan ini saya akan share cek aplikasi yang memakan daya listrik secara terus menerus.

Jika kapasitas baterai handphone Android anda hanya 2000 mAh maka kemampuan hidup HP dari awal charge pagi maka akan bertahan di sore hari itupun jika anda tidak melakukan browsing atau main game. Tentunya bagi pemilik batera berdaya rendah ini perlu mempertimbangan aplikasi dan game mana saja yang harus dihapus atau dihentikan sementara agar baterai tahan lama.

Perlu diketahui bahwa semakin banyak aplikasi yang terinstall maka semakin cepat baterai habis dan anda akan sering mencharge HP Android anda. Namun tidak semua aplikasi yang terinstall menyedot daya baterai anda, hanya aplikasi-aplikasi tertentu saja. Nah aplikasi apasajakah itu?

Aplikasi sosial media adalah salah satu aplikasi yang membutuhkan konsumsi daya baterai yang besar. Mengapa saya katakan demikian? karena aplikasi sosial media selalu terhubung ke jaringan internet. Ketika HP mendownload data dari sosial media maka sama saja kapasitas data internet yang dibutuhkan besar dan memerlukan daya listrik.

Aplikasi Android yang Membuat Baterai Boros

1. Aplikasi Sosmed

Aplikasi ini meliputi Facebook, Twitter, Path, Instagram dll yang selalu terhubung dengan koneksi internet.

2. Aplikasi Messenger

Aplikasi messenger juga selalu membutuhkan koneksi internet terus menerus. Contoh aplikasi penyedot listrik baterai urutan pertama yaitu Whatsapp, BBM, Facebook Messenger, dan WeChat.

3. Aplikasi Pembersih dan Peningkat Kecepatan

Aplikasi cleaner atau pembersih juga memakan daya listrik baterai karena selalu running (berjalan) walaupun anda menutup aplikasi tersebut.

4. Aplikasi Cuaca atau Weather

Aplikasi ini selalu terhubung ke jaringan internet untuk selalu menampilkan data cuaca.

5. Aplikasi lainnya yang selalu Running

Aplikasi lainnya yang saya maksud disini yaitu aplikasi jika kita sudah menutupnya namun di status Aplikasi yang sedang Berjalan “Running” masih muncul. Untuk cara cek aplikasi mana saja yang masih sedang bekerja walaupun sudah ditutup yaitu pilih menu SETTINGS -> APPS.

Aplikasi Android Membuat Baterai Boros

Anda tidak perlu menghapus aplikasi berat ini, anda hanya cukup menghentikan saja ketika aplikasi tidak dipakai lagi, caranya yaitu pada menu Running, pilih aplikasi yang ingin dihentikan lalu pilih STOP (Baca selengkapnya “Cara Menghemat Baterai dari Aplikasi Berat“.

Selain kelima aplikasi tersebut ada aplikasi yang berupa virus yang susah untuk dihapus. Virus tersebut berwijudkan aplikasi yang tanpa anda sadari terinstall di HP Android anda. Virus tersebut bernama “MonkeyTest” dan “TimeService”.

Cara ini juga tentunya mengurangi pemakaian RAM oleh aplikasi yang sedang berjalan yang membuat kinerja HP lebih baik dan cepat. Nah itulah beberapa aplikasi yang mempercepat baterai boros dan cara mengatasinya, selamat mencoba.

Kolom Komentar dan Bertanya