Cara Terbaru Cek Saldo Tabungan JAMSOSTEK (BPJS Ketenagakerjaan) Secara Online

Jika anda bekerja di suatu perusahaan maka pihak tempat anda bekerja memwajibkan karyawannya untuk mendaftarkan ke BPJS Ketenagakerjaan (Dulu JAMSOSTEK). Hal tersebut adalah tabungan untuk masa tua anda ketika anda tidak lagi bekerja atau pensiun.

Pada umumnya para anggota BPJS Ketenagakerjaan belum tau bagaimana cara mengecek saldo tabungannya, padahal pihak BPJS Ketenagakerjaan memberikan fasilitas berupa situs sehingga dapat dicek secara online.

Pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara cek saldo simpanan tabungan BPJS Ketenagakerjaan (JAMSOSTEK) secara online. Namun syarat utama untuk dapat melakukan hal ini anda masih ingat no KPJ yaitu nomor yang tercantum pada kartu JAMSOSTEK atau saat ini kartu BPJS Ketenagakerjaan.

Contoh kartu Jamsostek dan BPJS Ketenagakerjaan

Cara Cek Saldo Tabungan JAMSOSTEK (BPJS Ketenagakerjaan) secara ONLINE

1. Pada cara berikut ini anda harus mendaftar ulang lagi secara online. Silahkan kunjungi halaman situs registrasi berikut:

Daftar BPJS Ketenagakerjaan situs onlineLalu silahkan anda isi dengan data lengkap data pribadi anda. Masukkan nomor kartu Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan anda pada kolom “NOMOR KPJ AKTIF”.

Lalu yang perlu anda perhatikkan jika anda lahir pada tanggal 1- 9 maka untuk pengisian pada kolom tanggal masukkan 2 digit, misal anda lahir pada tanggal 2 maka penulisan yang benar yaitu “02”. Hal ini bertujuan agar pesan tidak error ketika anda submit data. Lalu jika anda belum mempunyai eKTP silahkan masukkan NIK KTP anda. Masukkan eMail aktif, KODE KEAMANAN dan beri tanda ceklis pada “persetujuan” lalu SUBMIT DATA.

2. Cek kotak masuk (INBOX) email yang anda cantumkan pada kolom REGISTRASI sebelumnya. Pihak BPJS Ketenagakerjaan mengirimkan nomor verifikasi. Masukkan nomor tersebut pada form tampilan selanjutnya. “SUBMIT QUERY.

Verifikasi BPJS Ketenaga Kerjaan

3. Setelah akun anda terbuat maka anda akan ditampilkan beberapa menu pilihan salah satunya yaitu CEK SALDO JHT. Silahkan pilih menu tersebut.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan secara online

4. Pilih Nomor KPJ anda lalu SUBMIT.

cek tabungan bpjs ketenagakerjaan

5. Maka setelah itu akan muncul saldo terakhir tabungan BPJS Ketenagakerjaan anda.

cek saldo jamsostek secara online

Saran saya jika anda sudah berhasil masuk ke akun ubah Password anda dengan yang lebih mduah anda ingat. Untuk mengubahnya silahkan pilih menu PROFIL -> PENGATURAN.

Nah jika suatu hari nanti anda ingin mengecek lagi silahkan anda kunjungi halaman situs LOGIN berikut: https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/sso/login.bpjs . Masukkan NIK atau No eKTP dan password anda.

login bpjs ketenagakerjaan online

Itulah cara cek saldo tabungan JAMSOSTEK BPJS Ketanagakerjaan milik anda, selamat mencoba dan semoga berhasil. Adapun pengecekan melalui smartphone, dan saya bahas hal tersebut di tulisan selanjutnya.

18 Comments

  1. agus atmojo 11/05/2015 Reply
    • kusnendar 12/05/2015 Reply
      • nella taulustia 16/11/2015 Reply
        • kusnendar 18/11/2015 Reply
  2. m.abie fauzan pramayudha 10/09/2015 Reply
    • kusnendar 11/09/2015 Reply
      • putri salsalina 29/11/2015 Reply
  3. laurent fransiska 30/11/2015 Reply
  4. iqbal maulana 05/01/2016 Reply
    • kusnendar 06/01/2016 Reply
  5. jenab hanifah 22/02/2016 Reply
    • kusnendar 24/02/2016 Reply
  6. fikri 29/04/2016 Reply
  7. Yoga arief setiawan 21/05/2016 Reply
    • kusnendar 23/05/2016 Reply

Kolom Komentar dan Bertanya