Cara Agar Komputer Start Up (Booting) Lebih Cepat dan Tidak Berat

Jika anda memiliki komputer baik PC maupun laptop yang banyak sekali menginstall software dan aplikasi maka akan terasa berat performa komputer tersebut pada saat dihidupkan.

Biasanya komputer yang banyak aplikasinya akan terasa lama start up (Ketika Dihidupkan). Hal tersebut dikarenakan banyak aplikasi yang berjalan (Running) pada saat komputer anda starup sehingga komputer akan terasa berat dan lama untuk siap digunakan.

Pada kesempatan ini saya akan share mengenai bagaimana cara agar komputer lebih cepat startup ketika dihidupkan. Untuk mengatasi hal tersebut maka kita harus menonaktifkan aplikasi atau software yang tidak perlu “running” ketika komputer anda dihidupkan. Caranya yaitu:

1. Buka System “RUN” caranya dengan menekan tombol “Windows R”. Kemudian pada ketikkan “msconfig”.

msconfig di run

2. Setelah itu akan muncul kotak “System Configuration”. Pilih Tab menu Startup. Hilangkan tanda centang pada software atau aplikasi yang menurut anda tidak perlu ddijalankan (Running) ketika komputer dihidupkan.

Cara Restart Cepat Komputer

Jika sudah pilih “APPLY” dan “OK” lalau Pilih “Booting/Restart” untuk merestart komputer anda. Setelah komputer restart kembali maka anda dapat merasakan perbedaannya, yaitu komputer lebih cepat untuk booting dan start up. Selamat mencoba dan semogar bermanfaat.

Kolom Komentar dan Bertanya