Samsung Z1, Smartphone Dual Core Harga 1 Jutaan

Samsung Z1 merupakan smartphone dengan sistem operasi Tizen OS pertama dunia yang telah resmi diluncurkan, smartphone memiliki spesifikasi dan harga terjangkau. Seperti diketahui, OS Tizen sendiri bukan sesuatu yang baru di dunia gadget, sistem operasi ini wujud bukti inovasi baru yang dikembangkan Samsung, seolah dalam upaya membatasi ketergantungan terhadap Google dan Android. Maka secara perdana sistem operasi Tizen tersemat pada Samsung Z1 yang dirilis ke publik dengan dilengkapi persenjataan standar kelas entry-level.

Samsung Z1 ini memiliki desain standar seperti perangkat Samsung lainnya, pada bagian depan tersemat layar 4 inci dengan resolusi WVGA 480 x 800 piksel menggunakan teknologi PLS TFT dengan kerapatan layar 233ppi. Dibawah tampilan layar terdapat tombol home yang diapit dua tombol kapasitif berupa tombol menu dan kembali. Kemudian pada sisi perangkat, terdapat tombol volume di sisi kiri dan sisi kanan tombol power. Sedangkan port USB berada dibagian bawah dan untuk audio jack 3.5mm tepat berada diatas bodi.

Spesifikasi Samsung Z1

picture from samsungtomorrow.com

Sebagai kelas pemula smartphone Samsung Z1 tidak terlalu istimewa, pada bagian belakang terdapat kamera utama dengan resolusi minimalis yakni 3,15 MP dengan dukungan lampu LED Flash dengan fitur face detection. Smartphone juga memiliki kamera dibagian depan dengan resolusi VGA saja. Diatas kertas memang kedua kamera tersebut kurang begitu memukau, tapi kemungkinan hasil foto nyata akan berbeda dengan spesifikasi yang ada.

Samsung Z1 dirancang dengan perlengkapan perangkat keras yang yang cukup mumpuni, jika membedah jeroan smartphone ini maka akan menemukan sebuah chipset prosesor Spreadtrum tipe SC7727S dan chip grafis Mali-400. Untuk daya gedor prosesor Samsung Z1 bertenaga Dual Core memiliki kecepatan 1,2 GHz arsitektur Cortex-A7 yang mendapat dukungan RAM 768 MB, smartphone Samsung Z1 menggunakan sistem operasi Tizen versi 2.3 dan memiliki baterai tipe Li-Ion berkapasitas 1500 mAh.

Sejauh ini spesifikasi Samsung Z1 tidak jauh berbeda dengan smartphone entry-level lainnya, termasuk penggunaan memori internal yang menyediakan kapasitas 4 GB, dengan adanya slot microSD maka dapat diperluas maksimal hingga 64 GB. Sedangkan konektivitas smartphone memiliki layanan jaringan 3G HSPA dengan dukungan kartu Dual SIM, serta koneksi data seperti Bluetooth v4.1 dan microUSB v2.0 untuk menunjang transfer data antar perangkat.

Harga Samsung Z1 akan dibanderol sekitar Rp 1,1 juta (USD 92) yang mana smartphone telah diluncurkan untuk pasar India, tersedia dalam pilihan warna white, black dan wine red. Selain itu, smartphone juga menawarkan proteksi antivirus dan ultra saving mode. Sayangnya, hingga berita ini dibuat belum ada informasi terkait wilayah pemasarannya selain India.

Kolom Komentar dan Bertanya