Cara Atasi “Could not complete the Video Frames to Layers” di Photoshop

Mungkin anda yang mahir menggunakan Photoshop dan akan mengedit video akan menemukan permasalahan yaitu tidak bisanya meng-import file video tersebut lalu muncul pesan error “Could not complete the Video Frames to Layers command because QuickTime version 7.0 or later is required“.

Untuk mengatasi error tersebut sudah jelas bisa kita selesaikan berdasarkan pesan Error yang ditampilkan yaitu komputer windows anda tidak terinstall Software QuickTime version 7. Memang QuickTime sendiri dikembangkan oleh Apple namun pihak Apple sendiri menyediakan QuickTime untuk Windows.

Silahkan anda download dan install QuickTime dari situs resmi berikut.

Download QuickTime 7 untuk Windows 7

Setelah anda Install kemudian coba lakukan import video di Adobe Photoshop dengan memilih menu “File ->Import -> Video Frame to Layers“. Jika muncul Error QTCF.dll seperti berikut ini:

Cara Mengatasi Error QTCF.dll

Error QTCF.dll

Berdasarkan pesan error tersebut sudah jelas file QTCF.dll tidak tersedia di komputer anda. Untuk mengatasi hal tersebut silahkan anda baca “Atasi Error QTCF.dll“. Setelah itu coba anda lakukan kembali Import Video ke Photoshop.

Import Video to Layer ke Photoshop

Catatan: Adobe Photoshop yang saya pakai untuk mempraktikkan ini adalah Adobe Photoshop Cs4 & CS5, mungkin jika anda menggunakan CS6 akan menemukan masalah error lainnya.

Mungkin setelah anda menyelesaikan kedua error atau masalah di atas video yang anda Import tidak muncul dan hanya menampilkan warna putih. Tenang hal tersebut bukan berarti komputer anda kurang perangkat software atau ada file yang hilang namun file video nya lah yang tidak sempurna.

Format Video to layers Photoshop

Perlu diingat bahwa video yang bisa dimasukkan ke Photoshop yaitu dengan format *MOV, *AVI, *MPG, dan *MPEG.  Dan jika anda memiliki file video selain ke-4 jenis tersebut maka anda harus mengconvert ke jenis file tersebut. Namun gunakanlan Software Video Editor karena hasil konvert nya lebih sempurna dan dapat diimport ke Photoshop. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Kolom Komentar dan Bertanya