HP Pro Tablet 408, Tablet Intel Atom Windows 8.1 dengan Stylus Pen

HP (Hewlett Packard) kembali meluncurkan tablet berbasis Windows dilengkapi dengan stylus pen, tablet tersebut memiliki nama HP Pro Tablet 408. Sebelumnya produsen HP juga pernah merilis perangkat berbasis Windows diantaranya HP Stream 7 dan HP Stream 8 yang dibanderol harga murah, tablet tersebut dirancang oleh HP sebagian besar ditujukan untuk konsumen kelas normal atau pada umumnya daripada pengguna kelas professional.

HP Pro Tablet 408 merupakan tablet Intel Atom berbasis Windows 8.1 dilengkapi dengan stylus pen, penggunaan input pena digital ini sedianya untuk membantu pengguna dalam menavigasi layar dengan mudah. Sentuhan unik pada stylus pen membuat para produsen ponsel saat ini berlomba-lomba untuk menghadirkannya, terkadang stylus pen itu sendiri jarang digunakan oleh sebagian pengguna, dimana mereka lebih senang mengoperasikan layar lewat sentuhan jari tangan. Sedangkan stylus pen digunakan saat-saat tertentu saja.

HP Pro Tablet 408

HP Pro Tablet 408

HP Pro Tablet 408 telah masuk FCC yang berarti tablet siap untuk dirilis dipasaran kapan saja. Selain telah mendapatkan sertifikasi, HP juga rupanya telah membeberkan spesifikasi tablet melalui datasheet di situs resminya. Secara umum, spesifikasi HP Pro Tablet 408 sedikit lebih di atas dari perangkat tablet Windows milik HP yang telah disebutkan di atas.

HP Pro Tablet 408 memiliki layar 8 inci dengan resolusi kualitas HD 1200 x 800 piksel, dimana layarnya mendukung 10 poin sentuhan dengan menggunakan teknologi IPS LCD. Desain tablet ini cukup menarik dengan tepi sudut dibuat membulat tanpa tombol fisik diatas layarnya, untuk dimensi bodi memiliki ukuran 140 x 215 x 9 mm dan berat tablet keseluruhan 375 gram. Tablet juga telah tersemat dual speaker stereo, port micro HDMI, WiDi Wireless dan kompas terpadu, serta fitur umum lainnya seperti Bluetooth 4.0 LE, microSUB serta slot microSD.

HP Pro Tablet 408 jika dibedah jeroannya maka akan ditemukan chipset Intel Atom Bay Trail tipe Z3736F. Tablet memiliki tenaga prosesor Quad-Core kecepatan 1,33 Ghz dan sebuah RAM 2 GB untuk mendukung kinerja tablet, serta memori internal 32 atau 64 GB d slot microSDXC untuk ekspansi ruang penyimpanannya. Pada tablet juga terdapat kamera utama 8 MP dengan LED Flash dan autofocus, sementara kamera depan 2 MP untuk video chat atau foto selfie.

Seperti dilansir dari SlashGear (31/12/2014), HP Pro Tablet 408 yang memiliki kapasitas baterai 4800 mAh, serta koneksi jaringan 3G optional dan terpasang modul keamanan TPM. Hingga saat ini tidak diketahui terkait harganya, kemungkinan akan diungkap lebih detail pada acara CES 2015 mendatang.

Kolom Komentar dan Bertanya