TERBUKTI! Membedakan Samsung Galaxy S5 Asli atau Palsu (Dilengkapi Gambar)

Saat ini sudah marak sekali beredar produk Samsung Galaxy S5 palsu atau supercopy (King Copy atau replika). Tentunya anda harus lebih berhati-hati dan jeli sebelum membeli produk smartphone.

Pada kesempatan ini saya akan share mengenai cara membedakan Samsung Galaxy S5 yang asli (original) atau palsu mengingat harga smartphone ini terbilang mahal dan saya tidak ingin anda dirugikan tentang hal ini.

Sebelumnya saya sudah share tulisan “Cek Keaslian Samsung Galaxy Series” dan caranya hampir sama namun pada tulisan ini saya akan menjabarkannya secara lebih spesifik karena tiap produk galaxy berbeda-beda. Langsung saja simak caranya berikut ini.

Cek Keaslian Samsung Galaxy S5

1. Cek No IMEI di HP dengan di Kardus dan IMEI.info

Cocokkan no IMEI pada HP, yaitu dengan menekan *#06#. No IMEI terdiri dari 15 digit angka, samakan dengan yang ada di kemasan (kardus) dan bagian badan di smartphone (bawah baterai).

No IMEI di HP

Picture from technobrij.com

Lalu cek no IMEI ke imei.info, cocokkan dengan spesifikasi yang muncul pada situs tersebut dengan HP anda dengan menggunakan Aplikasi Antutu (download  di Google Play).

Cek IMEI AndroidCatatan Angka ke 7 dan 8 merupakan identitas di negara mana HP anda dibuat. Umumnya HP Samsung yang beredar di Indonesia kebanyakan angka “06 & 04” buatan China dan Vietnam namun original.

2. Cek Kardus (kemasan)

kardus Galaxy S5 yang asli palsu

Biasanya S5 palsu tulisan pada kardusnya lebih tajam, kemudian warna biru pada logo Samsung nya lebh tua.

3. Kondisi Tombol HOME di Galaxy S5

Dilakukan dengan cara memperhatikan posisi tombol “Home” pada Samsung Galaxy S5.

membedakan Galaxy S5 asli atau palsu

Jika Galaxy S5 Asli posisi tombol “Home” agak ke atas atau mendekati batas layar bawah. Sedangkan S5 palsu berada di bagian tengah-tengah (simetris).

Selain itu lihat kualitas LCD layar nya, pada S5 ori lebih jernih daripada yang palsu.

 4. Kasing Samsung Galaxy S5

kasing Samsung Galaxy S5 Asli atau Palsu

Pada samsung galaxy S5 palsu lubang pada kasing lebih dalam dan terasa diraba jika dibanding pada yang asli.

5. Penutup Baterai

penutup baterai samsung S5

Pada Samsung Galaxy S5 yang asli pada penutup baterai bagian dalam terdapat list warna hitam, sedangkan yang palsu tidak ada.

6. Menu pada “Top Menu”

top menu Galaxy S5Jika kedua Samsung Galaxy S5 Asli dan palsu belum terpasang kartu SIM maka S5 asli muncul pemberitahuannya.

7. Resolusi Kamera

Perlu diketahui bahwa Samsung Galaxy S5 memiliki kamera 16 MP, untuk mengetahuinya silahkan anda setting pengaturan pada kamera. Jika dapat dimaksimalkan resolusi pengambilan gambarnya 16 MP berarti asli, namun jika pengaturan resolusi maksimal 13 MP berarti palsu.

8. USB Port 3.0

Port USB Galaxy S5Samsung Galaxy S5 Asli memakai port USB 3.0 bukan 2.0.

9. Cek OS KitKat

Samsung Galaxy S5 yang asli menggunakan sistem operasi Android KitKat dan muncul logo KitKat dan dibagian bawahnya terdapat Tulisan Android 4.4.2. Untuk mengetahui hal tersebut silahkan pilih menu Settings->System->About Phone -> Android Version.

versi android KitKat Galaxy S5

Kemudian setelah muncul tampilan KitKat seperti di atas sentuh logo KitKat dengan jari anda selama 5 deitk. Maka akan muncul tampilan sebagai berikut.

 

Jika S5 yang asli maka akan muncul kotak-kotak berwarna sedangkan yang palsu tidak muncul. Cara ini berlaku untuk semua jenis HP KitKat.

Dengan 9 langkah yang sudah saya jelaskan di atas maka anda bisa membedakan mana Samsung Galaxy S5 yang asli dan yang replika atau supercopy.

Saran saya adalah belilah produk aslinya di gerai Samsung langsung. Jika anda membeli produk yang palsu sama saja anda yang rugi karena kekurangan produk palsu yaitu baterai cepat habis dan banyak aplikasi yang tidak bisa di Install. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

3 Comments

  1. ardhy 18/08/2015 Reply
  2. Romi Martin 05/05/2016 Reply
    • kusnendar 05/05/2016 Reply

Kolom Komentar dan Bertanya