Membuat Tabel File Excel Secara Online di Google Docs

Jika komputer anda tidak terinstall Microsoft Excel maka jangan khawatir karena anda dapat membuat file tabel dan perhitungan yang biasanya dikerjakan di Excel tersebut dengan menggunakan Google Docs di komputer anda walaupun komputer anda tidak ada program Microsoft Office.

Saat ini google menyediakan layanan Google Docs, yaitu sebuah layanan pembuat file dokumen seperti Microsoft Office pada umumnya. Nah pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial cara membuat tabel file seperti pada dokumen Excel.

Cara Membuat Tabel Excel secara Online di Google Docs

1. Buka situs google.co.id, kemudian ketikkan kata pencarian “Google Docs”. Setelah muncul hasil penelusuran silahkan buka situs tersebut.

2. Nah agar bisa langsung masuk ke halaman Google Docs maka anda harus memiliki akun Google, jika anda belum memilikinya silahkan anda buat di gmail.com GRATIS!.

membuat file excel online

3. Pilih menu DOCS -> SHEETS untuk membuat file seperti Excel.

4. Kemudian akan muncul tampilan kerja Sheet, pilih tombol PLUS untuk membuat file baru.

buat file baru excel google

5. Nah setelah itu akan muncul tampilan lembar kerja seperti halnya pada Microsoft Excel. Buatlah file yang anda inginkan:

membuat garis tabel excel

Untuk membuat tabel caranya sama saja dengan MS Excel. Berikut hasil dari contoh tabel yang saya buat.

contoh file excel google docs

6. Kemudian untuk memberi nama file dokumen anda ini silahkan anda pilih tulisan “Untitled Spreadsheet” lalu beri nama file sesuka anda.

Memberi nama file

7. Untuk mendapatkan file yang sudah anda buat secara online ini anda dapat mendownloadnya dalam bentuk file EXCEL (.xlsx), PDF dan beberapa jenis format file lainnya.

download file excel

8. Berikut hasil file yang dibuat secara online di Google Docs lalu dibuka di Microsoft Excel.

file excel online

Tentunya file tersebut hanya bisa dibuka di Microsoft Excel 2007 ke atas karena format file tersebut “.xlsx”. Berikut ini file yang sudah anda buat tadi tersimpan di akun Google Docs anda jika anda sewaktu-waktu ingin mengeditnya kembali.

file google docs excel

Dengan cara ini anda dapat membuat file excel secara online walaupun komputer anda tidak terinstall MS. Excel. Walaupun dikerjakan secara online namun rumus excel tetap bisa digunakan di Sheets Google Docs ini. Anda dapat mempelajari rumus-rumus excel pada kategori “Microsoft Excel“. Sekian tutorial membuat file excel secara online dengan menggunakan Google Docs, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Kolom Komentar dan Bertanya