Contoh Rumus Menghitung Persen(%) di Excel

Segala sesuatu perhitungan dapat dikerjakan dengan menggunakan Microsoft Excel, Contohnya perhitungan persentase yang biasanya umum kita temui di keseharian.

Persentase atau arti sebenarnya yaitu seperseratus adalah adalah sebuah angka atau perbandingan (rasio) untuk menyatakan pecahan dari seratus. Persentase sering ditunjukkan dengan simbol “%”. Persentase juga digunakan meskipun bukan unsur ratusan. Bilangan itu kemudian diskalakan agar dapat dibandingkan dengan seratus. (id.wikipedia.org).

Menghitung Persentase (%)

Rumus dasar persentase  pada ilmu mate-matika yaitu:

Rumus Dasar PersenSebagai contoh soalnya:

Contoh Soal
Pak Budi membeli jeruk seharga Rp.25.000 per Kg. Kemudian jeruk tersebut dijual kembali oleh Pak Budi sebesar Rp. 35.000. Berapa persen keuntungan yang didapatkan oleh Pak Budi?

Jawab:

Keuntungan = Rp 35.000 – Rp 25.000 => Rp 10.000

Persentase keuntungan (%) = Rp 10.000/ Rp 25.000 x 100% => 40%

Jika perhitungan tersebut diolah atau diselesaikan dengan menggunakan Excel maka penyelesaiannya sebagai berikut.

menghitung persen di ExcelAda 4 kolom tabel yaitu A2=Harga Beli; B2=Harga Jual; C2=Keuntungan dan D2 adalah Persen Keuntungan. Untuk menghitungnya letakkan kursor di cell D2, kemudian ketikkan rumus =(C2/A2) lalu ENTER.

Maka hasilnya yaitu 0,4. Untuk menjadikan angka persen silahkan anda pilih tombol % pada format Number. Maka nilai tersebut akan berubah menjadi 40%.

Nah itulah Tutorial Excel secara singkat, jika ada yang belum jelas silahkan tanyakan kepada saya. Anda bisa mengajukan request artikel terkait pembahasan rumus Excel dengan mengirimkan email ke saya. Terimakasih semoga bermanfaat.

Kolom Komentar dan Bertanya