4 Cara Backup Data di Komputer yang Aman

Membackup data di komputer sangatlah perlu dilakukan, apalagi jika komputer anda tersebut terdapat data-data penting pekerjaan anda. Hal ini dikhawatirkan jika suatu hari nanti komputer anda terkena virus maka data tersebut bisa saja hilang atau terinfeksi. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membackup atau menyelamatkan data penting anda.

Ada 4 langkah tindakan untuk membackup data penting anda di komputer yaitu secara offline maupun online. Berikut 4 langkah tersebut:

1. Hardisk Eksternal

backup data hardisk eksternal

Tentunya data-data yang ingin anda backup tersebut memiliki kapasitas ukuran file yang besar, nah mungkin langkah yang tepat yaitu menggunakan hardis eksternal. Hardisk yang portabel atau yang bisa anda simpan dan dibawa kemana-mana secara praktis ini memiliki kapasitas yang besar dan aman untuk backup data anda dari komputer. Tentunya harga Hardisk eksternal ini sendiri mahal sekitar Rp. 300 ribu keatas.

2. Flash Disk

flasdisk

Jika data yang anda backup kecil mungkin bisa menggunakan FD. Namun kelemahannya yaitu ukurannya yang kecil mudah untuk hilang atau terselip. Namun hal tersebut bisa diatasi dengan memberikan bandul pada FD. Harga FD sangat murah yaitu berkisar mulai Rp. 60 ribu ke atas.

3. CD atau DVD

cd dan dvd

Cara ini boleh anda lakukan namun untuk jangka waktu yang tidak terlalu lama untuk menyimpan data. mengapa saya katakan demikian? karena CD atau DVD jika tidak disimpan pada tempat yang benar maka akan mudah sekali rusak. Benda ini mengandalkan cakram optik untuk menyimpan data, jika cakram tersebut rusak maka data anda akan hilang. Selain itu ketahanan cakram pada CD atau DVD ini tidak tahan lama untuk jangka waktu tahunan.

4. Drive Online

google drive

Cara backup yang satu ini yaitu dengan cara mengupload atau mengunggah data yang anda di komputer anda ke situs online tersebut. Saat ini sangat banyak sekali situs penyedia layanan penyimpanan data secara gratis seperti Google Drive, DropBox, OneDrive, dan masih banyak lainnya. Namun yang perlu diperhatikan yaitu anda jangan lupa password dari akun tersebut jikalau anda menginginkan atau mendownload kembali data yang sudah anda download. Cara ke empat ini saya sarankan untuk backup file yang kecil saja karena memerlukan waktu yang lama jika yang anda backup file berukuran besar karena memerlukan koneksi internet.

Demikian 4 cara membackup data di komputer anda yang aman, semoga informasi yang singkat ini bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba!

One Response

  1. Clinton 24/04/2015 Reply

Kolom Komentar dan Bertanya