Software Aplikasi untuk Merekam Video Game di PC

Jika anda gemar memainkan game di komputer anda dan ingin mengabadikan permainan anda tersebut dapat menggunakan beberapa software perekam video berikut ini.

Ada banyak sekali aplikasi komputer untuk screencast atau merekam layar komputer pada saat anda memainkan game. Namun pada kesempatan ini saya hanya mereview beberapa aplikasi yang tentunya sudah saya coba sebelumnya di komputer saya.

Aplikasi Merekam Video Game di Komputer

1. BandiCam

software bandicam

Sudah banyak para gamers dunia menggunakan aplikasi ini untuk merekam game mereka. Software ini gratis anda miliki di situs resminya www.bandicam.com. Fitur yang dimiliki aplikasi ini yaitu antara lain:

  • Hasil rekaman berukuran kecil dibanding dengan software lainnya.
  • Dapat merekam selama 24 jam
  • Dapat merekam dengan ukuran resolusi 3840×2160
  • Tidak ada batasan ukuran file
  • Dapat upload video ke YouTube dengan kualitas HD (720×1080 piksel)
  • Dapat otomatis memasukkan label atau logo pada hasil rekaman (Versi Pro)
  • Hasil output video terekam berupa AVI, MP4, Xvid, MPEG-1, MJPEG, MP2, dan PCM.
  • Perbedaan antara bandiCam free dan Pro yaitu pada fitur input LOGO. Pada versi free hasil rekaman video terdapat logo bandicam.com pada bagian atas. Sedangkan untuk versi Pro anda dapat memasukkan logo atau tulisan ke hasil rekaman video secara otomatis. Tentunya untuk mendapatkan versi pro anda harus membelinya dengan harga $39.

2. Fraps

software fraps

Umumnya gamers sudah tau dengan aplikasi ini, sama seperti BandiCam yaitu digunakan untuk merekam video dan capture gambar game. Secara umum software ini sangat ringan dijalankan selain itu hasil dari rekaman video berkualitas tinggi. Hal tersebut sesuai dengan ukuran file yang dihasilkan yaitu jauh lebih besar dari aplikasi lainnya.

Aplikasi ini tersedia secara gratis yang bisa anda dapatkan di situs resminya: www.fraps.com. Versi berbayar nya yaitu tidak adanya logo fraps dan mendapatkan update terbaru dari aplikasi ini secara gratis jika menjadi member-nya.

3. CamStudio

software CamStudio

Memiliki ukuran file yang kecil namun memiliki kemampuan merekam dengan baik. Secara umum software ini mudah untuk dijalankan serta gratis tanpa berbayar. Anda bisa mendapatkannya di situs resminya: camstudio.org.

Yang menarik dari aplikasi ini yaitu dapat menyimpan hasil rekaman ke format “.SWF”, yaitu yang dapat digunakan sebagai animasi. Namun ukuran output file dari software ini cukup lumayan besar.

Dari ketiga software perekam video game di PC tersebut untuk merekam permainan game anda maka mode layar permainan dibuat WINDOW, karena jika dilakukan record pada game yang full windows maka hasil rekaman file tersebut berupa layar putih kosong. Fitur tersebut tersedia pada ke-3 softare tersebut.

Untuk sekedar share pengalaman, untuk merekam permainan game di komputer dalam durasi yang lama maka diperlukan space memori hardisk yang banyak dikarenakan hasil output file video juga besar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Kolom Komentar dan Bertanya