Blue Tick, Tanda “Read” Penerima Pesan di WhatsApp

Apakah ada yang memperhatikan pada Kamis, 7 November lalu ada tanda centang biru (blue tick) di samping pesan WhatsApp Anda? Hari itu, pengguna WhatsApp di seluruh dunia mulai melihat tanda centang biru di dalam WhatsApp. Tanda itu merupakan, sehingga pengguna sekarang dapat melihat ketika pesan telah dikirim(centang tunggal), disampaikan (dua centang abu-abu), dan setelah dibaca (tanda centang berwarna biru).

Simbol Read di Whatsapp

Picture from www.express.co.uk

Fitur ini tentu saja bukanlah hal yang benar-benar baru. BlackBerry Messenger misalnya, dengan notifikasi ‘R’ pada yang menunjukkan telah dibaca atau notif ‘D’yang berarti pesan telah terkirim, tapi belum dibaca. WeChat bahkan memiliki tanda terima telah dibaca selama lebih dar isatu tahun, tanda ini juga terdapat di Facebook Messenger.

Kenapa WhatsApp menambahkan fitur baru yang ternyata hampir setiap layanan pesan populer lainnya sudah menawarkan lebih dari berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun lalu? Ya, fitur ini adalah jawaban dari banyaknya orang yang bertanya-tanya apakah pesan yang dikirim sudah terkirim, atau sudah dibaca? Sebelumnya banyak yang percaya bahwasatu centang berarti pesan Anda dikirim dan dua centang berarti telah diterima atau dibaca.

Mungkin dua centang berarti pesan telah diterima, tetapi tidak ada yang tahu bukan apakah pesan tersebut telah dibaca atau belum. Ini pula yang membuat orang lebih mudah mengabaikan pesan dengan beralasan terlambat membacanya. Setidaknya jika pesan itu amat penting sang pengirim pesan akan berusaha untuk menghubungi si penerima pesan jika ternyata pesan yang dikirimkan belum dibaca.

Untuk menikmati fitur ini Aplikasi Whatsapp anda dan teman anda harus di update erlebih dahulu. Saya pernah mencoba ketika WA saya yang sudah update mengirimkan pesan ke teman saya yang WA miliknya belum diupdate tidak muncul tanda centang biru. Namun setelah dia update WA nya maka tanda Blu Tick muncul. Wah, sepertinya sekarang kita tak bisa sering-sering mengabaikan pesan di Whatsapp ya?

Kolom Komentar dan Bertanya