Cara Mengatasi Game Tidak Mengeluarkan Suara (Sound) Saat Dimainkan

Mungkin anda pernah mengalami beberapa game baru yang anda install di komputer tidak mengeluarkan suara. Nah berikut penjelasan penyebab dan cara mengatasi game tidak mengeluarkan suara.

Jika game baru yang anda install tidak mengeluarkan suara bukan berarti game tersebut rusak namun komputer andalah yang kurang support dengan game tersebut. Kejadian ini pada umumnya terjadi ada komputer baru dibeli yang langsung diinstall game.

Penyebab Game Tidak Mengeluarkan Suara (Sound)

Ada dua kemungkinan penyebabnya yaitu: 1.) Belum terinstallnya Audio & video, tetapi hal ini jarang terjadi pada komputer baru. 2.) DirectX komputer anda berlum terinstall versi tebaru, hal ini kemungkinan terbesar terjadi.

Direct for windows gaming

Apa itu DirectX? yaitu kumpulan API untuk menangani berbagai tugas dalam pemrograman multimedia khususnya permainan komputer dalam sistem operasi Microsoft Windows. DirectX sendiri merupakan gabungan dari Direct3D, DirectDraw, DirectMusic, DirectPlay, dan DirectSound. DirectX SDK dapat diperoleh secara cuma-cuma dari Microsoft. Versi terbaru untuk Windows vista yang di luncurkan sekitar bulan januari 2007 adalah DirectX 10 (Sumber: id.wikipedia.org/wiki/DirectX.)

Cara Mengatasi Game tidak Mengeluarkan Suara (Sound)

Jalan keluarnya adalah anda harus menginstall DirectX, namun yang perlu diperhatikan adalah setiap OS Microsoft Xp, Vista, 7 dan 8 berbeda jenis DirectX.

  • DirectX 9.0c dan 10untuk Windows XP dan Windows Server 2003
  • DirectX 11.0 untuk Windows Vista SP 2 dan Windows Server 2008 SP2
  • DirectX 11.1 untuk Windows 7 SP1 dan Windows Server 2008 R2 SP1
  • DirectX 11.2 untuk Windows 8

Semua DirectX tersebut bisa anda Download di Tautan Berikut atau anda bisa Googline. Jika andaSilahkan anda Install sesuai dengan jenis OS komputer anda. Kemudian restart komputer anda lalu jalankan kembali game yang tidak mengeluarkan suara sebelumnya. Namun pada umumnya DirectX10 dan 11 yang support dengan game-game saat ini.

Mungkin ada di antara teman-teman semua bertanya “Mengapa harus install DirectX10 padahal di Windows kan sudah ada DirectX 11?”. jawabannya adalah Karena di Windows komputer kita sudah terinstall DirectX11 bawaan dari installan Windowsnya, namun Directx11 bawaan dari windows kita terkadang tidak compatible/support pada komputer kita, dan mengharuskan kita untuk menginstall kembali DirectX nya.

Begitulah cara saya dalam mengatasi game yang tidak mengeluarkan suara (sound) saat dimainkan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

5 Comments

  1. fafa 13/09/2015 Reply
  2. faisal 29/03/2016 Reply
    • kusnendar 30/03/2016 Reply
      • FAISAL 01/04/2016 Reply

Kolom Komentar dan Bertanya