Cara Membuat Kop Surat di Excel (Tutorial Bergambar)

Cara membuat kop surat di Excel sangatlah mudah seperti halnya di Microsoft Word. Berikut tutorial cara membuatnya dilengkapi dengan gambar tahap demi tahap.

Umumnya kop surat digunakan untuk membuat sebuah surat atau lampiran pada instansi atau lembaga tertentu. Kop surat ini bisa di buat di Excel jika surat atau lampiran tersebut berupa tabel yang lebih mudah dikerjakan di Excel ketimbang di Word.

Cara Membuat Kop Surat di Microsoft Excel 2007 / 2010

1. Buka Microsoft Excel 2007 atau 2010 dan buat dokumen baru.

2. Pilih Tab Menu VIEW -> PAGE LAYOUT.

memunculkan header excel3. Lalu akan muncul 3 kolom header.

MEMBUAT HEADER KOP SURAT DI EXCELIsikan Tulisan Kop Surat pada kolom header yang tengah.

Memasukkan Tulisan Kop surat excelAtur ukuran font tulisan di menu HOME seperti di Microsoft Word.

4. Langka selanjutnya memasukkan logo. Caranya pilih Kolom Header Pertama. Lalu pilih Tab Menu DESIGN -> PICTURE. Pilih logo yang ingin dimasukkan dari komputer anda.

memasukkan logo kop surat excel5. Berhasilnya logo telah masuk ke header kolom 1 yaitu munculnya tulisan “&[Picture]“. Kemudian pilih FORMAT PICTURE untuk mengatur ukuran logo.

edit ukuran logo kop di excelAtur Height & Widith nya. OK.

merubah ukuran logo kop excelJika anda ingin melihat hasil sementara silahkan piih sembarang cell.

6. Maka terlihat Kop surat kita tertutupi oleh Garis Cell. Nah untuk menurunkan Cell yang paling atas agar tepat di bawah Kop Surat yaitu dengan menggeser RULER cell paling atas tepat di bawah ko surat.

menurunkan cell

Berikut hasilnya:

menurunkan cell 27. Langkah terakhir yaitu memberikan garis tebal berwarna hitam tepat di bawah Kop Surat, caranya seleksi Cell A1:I1.

membuat garis kop surat excelLalu Tekan CTRL 1, Pada Tab BORDER pilih Style Garis yang tebal lalu pilih bagian colom yang akan diberi garis, contohnya seperti berikut ini.

membuat garis kop surat excel 2Berikut hasil akhir membuat kop surat menggunakan Microsoft Excel.

Cara Membuat Kop Surat di Excel

Dengan begini maka anda lebih mudah dalam membuat dokumen berupa lampiran perhitungan menggunakan rumus excel yang terdapat kop surat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Jangan lupa jika tulisan ini dirasa bermanfaat silahkan share di media sosial.

Kolom Komentar dan Bertanya