Cara Aman Berbelanja Online – Memilih Situs Toko Online Terpercaya

Saat ini jika anda susah membeli sebuah barang maka bisa anda membelinya secara online di situs web store (toko online). Namun anda harus berhati-hati dan waspada dengan situs tersebut karena tidak semua situs dapat dipercaya agar anda tidak tertipu. Pada kesempatan ini saya akan mengulas Cara Aman Berbelanja Online berdasarkan pengalaman pribadi saya.

Saat ini teknologi semakin maju dan berkembang, apa yang anda susah didapatkan di dunia nyata mudah didapatkan di dunia maya melalui jaringan internet. Salah satu contohnya yaitu jika anda susah menemukan suatu barang yang anda cari bisa anda dapatkan di internet dengan pembelian secara online.

Webstore biasa orang menyebutnya yaitu sebuah situs yang menjual produk dengan cara memajang foto dari barang tersebut. Saat ini banyak sekali web store yang bermunculan di dunia internet karena cara berbisnis seperti ini adalah membutuhkan modal kecil tanpa harus memiliki atau menyewa sebuah kios atau ruko. Dengan dijalankan di rumah saja bisnis ini sudah dapat berjalan dengan baik.

Namun bagi anda yang baru mengenal dunia internet dan baru pertama kali membeli barang secara online perlu berhati-hati karena tidak semua Web Store itu terpercaya, banyak kasus penipuan dari web store. Berikut cara aman yang bisa anda lakukan untuk berbelanja online.

Cara Aman Berbelanja Online

Agar aman pada saat berbelanja online anda harus bisa membedakan mana web store yang terpercaya dan tidak terpercaya. Untuk membedakan hal tersebut bisa anda lihat dengan memperhatikan ciri-cirinya yaitu:

Memilih Situs Jual Beli Terpercaya

  • Situs Web Store yang terpercaya menggunakan nama domain berbayar (“.co.id”;”.com”;”.net”;”.info”) misalnya www.lazada.co.id; www.blibli.com dll. Selain menggunakan nama domain tersebut dijamin palsu contohnya lazada-elektronik.webs.com. Pada web store tersebut benar berakhiran “.com” namun dia memakai subdomain dari webs.com yaitu website gratis untuk membuat sebuah situs. Secara logika pemilik yang membuat webstore terpercaya akan mengeluarkan modal lebih besar untuk membeli domain daripada mereka pemilik webstore yang tidak terpercaya.
  • Dilihat dari tampilannya web store terpercaya lebih profesional dan terdapat menu-menu yang lengkap yaitu “Daftar Produk; Cara Pemesanan; Kontak. dll”. selain itu terdapat fasilitas chatting atau obrolan langsung yang diberikan pemilik web store untuk melayani pembeli jika ada pertanyaan, minimal berupa Yahoo Messenger. Terdapat kontak berupa No HP dan BBM serta alamat toko (jika ada) yang jelas. Terdapat halaman Testimoni yaitu berupa komentar dari pelanggan yang menyatakan bahwa situs tersebut terpercaya.
  • Selain dua poin di atas ada yang perlu anda perhatikan! Situs Web Store palsu umumnya harga barang yang ditawarkan jauh lebih murah dibanding toko online resmi lainnya, selain itu terdapat testimoni palsu atau dibuat-buat, gaya penulisan yang mencurigakan (Singkat).

Untuk mencegah anda ditipu anda dapat mengggunakan fasilitas online untuk mengecek apakah web store yang anda kunjungi tersebut terpercaya atau tidak. Silahkan anda kunjungi situs www.polisionline.com. Masukkan URL web store pada kolom pencarian situs tersebut.

Cek toko online terpercaya dan penipu palsu

Polisionline memberikan hasil analisanya berupa alasan mengapa web store tersebut asli atau penipu.

Selain itu anda juga mengecek kepemilikan dari situs toko online tersebut yaitu dengan mengunjungi https://who.is. Kemudian masukkan URL Situs toko online-nya. Lalu pilih ikon SEARCH.

cek pemilik toko online

Akan muncul informasi siapa pemilik dari situs tersebut, cocokkan informasinya dengan kontak yang ada di situs toko online dapat berupa nama orang atau perusahaan.

cek keaslian toko online

Cocokkan informasi tersebut dengan yang tertera di situs toko online.

cek kepemilikan toko online asli

PERHATIAN!: tetap waspada dan berhati-hatilah memilih toko online, mereka bisa saja sewaktu-waktu mengganti alamat, nama domain, nama toko online, nomor telepon/hp untuk membuat tindak kejahatan atau modus penipuan secara online.

Demikian cara memilih toko online terpercaya dan palsu, jika ada pertanyaan silahkan bertanya pada kolom komentar yang sudah disediakan. Jika tulisan ini dirasa bermanfaat silahkan share ke media sosial, semoga bermanfaat.

Kolom Komentar dan Bertanya