Aplikasi untuk Mengetahui Suhu Processor Komputer dan Laptop

Mungkin anda pernah mengalami komputer atau laptop anda tiba tiba hang dan mati. Salah satu penyebab terjadinya hal tersebut adalah suhu Processor terlalu panas (Tinggi). Untuk mengeceknya anda dapat menggunakan aplikasi khusus.

Perlu diketahui bahwa Processor adalah komponen komputer yang memegang peranan penting dalam sebuah komputer. Ibaratkan Processor adalah otak untuk menjalankan semua program yang ada di komputer.

Jika terjadi panas berlebih pada Processor maka secara otomatis kinerja komputer anda melambat kemudian hang dan terus mati. Untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan sebuah aplikasi untuk mengukur suhu komponen tersebut.

Untuk mengetahui suhu pada Processor anda bisa menggunakan aplikasi Core Temp. Aplikasi dengan ukuran 1 MB ini dapat membaca suhu dengan membaca informasi data DTS (Digital Thermal Sensor) yang disediakan oleh prosesor.

Anda bisa mendapatkan aplikasi gratis ini di http://www.alcpu.com/CoreTemp/ . Install Aplikasi tersebut dan berikut tampilannya.

cara mengukur suhu processor komputer dan laptop

Core Temp sendiri dapat membaca suhu dengan tepat kemudian terdapat suhu maximum yang diluar ambang batas prosesor. Jika anda seorang gamer perlu menggunakan aplikasi ini di komputer anda.

Jika komputer anda hang dan Core Temp menunjukkan suhu melebihi batas maksimal maka kipas prosesor perlu anda ganti. Demikian review aplikasi yang singkat ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Kolom Komentar dan Bertanya