BERHASIL! Mengatasi Android Gagal Install Aplikasi-Game di Google Play Store

Mungkin anda pernah mengalami Android anda tidak bisa install aplikasi atau game dari Google Play Store dan muncul error 941, 491, 413, 403, 498, 921 dll. Berikut cara mengatasi gagal Install tersebut.

Sebagai contoh saya lampirkan foto kegagalan saya ketika akan menginstall sebuah aplikasi. Muncul tulisan “Tidak Dapat Unduh Karena Kesalahan (941)”.

Cara tidak bisa install aplikasi dari google play store Android

Baiklah mari kita ketahui penyebab dan solusi mengatasi masalah ini:

Penyebab dan Mengatasi Android Tidak Bisa Install Aplikasi di Google Play Store

Ada beberapa kemungkinan muncullnya error saat install aplikasi yaitu:

  • Koneksi internet yang lamban. Biasanya koneksi yang lambat disebabkan provider yang dipakai atau lokasi anda berada saat mendownload aplikasi yang berefek pada jaringan internet. Solusinya yaitu gunakan koneksi internet yang cepat tentunya install aplikasi saat anda berada di kota atau tempat yang memiliki jaringan koneksi internet cepat. Anda juga bisa memanfaatkan jaringan WiFi.
  • Sisa memori android anda tinggal sedikit. Slusinya yaitu hapus aplikasi yang tidak terpakai. Atau jika anda memakai memori eksternal bisa memanajemen space memori yang digunakan untuk aplikasi apakah di internal atau microSD. Untuk cara memanajemen hal ini anda bisa membaca tulisan saya yang membahas “cara memindahkan aplikasi dari memori internal ke microSD“.
  • Ada masalah di akun Google di Android Anda. Untuk mengatasi hal tersebut anda dapat melakukan tindakan berikut ini:

Hapus Cache Aplikasi Play Store. Caranya silahkan pilih menu ALL SETTINGS -> APPS.

tampilan menu apps di androidKemudian pilih menu ALL/DOWNLOADED -> Google Play Store.

Pertama Pilih Tombol FORCE STOP, kemudian selanjutnya CLEAR DATA/CACHE. Restart Handphone anda lalu coba install aplikasi di play store.

cara clear data aplikasi di android

Jika cara tersebut masih tidak berhasil Langkah selanjutnya yaitu pilih menu ALL SETTINGS -> ACCOUNTS -> GOOGLE.

setting akun google di android

Lalu Pilih akun GMAIL anda.

akun google kita di android

Kemudian pilih tombol Options di smartphone Android anda lalu pilih REMOVE ACCOUNT.

ganti akun google d android

Jika smartphone tidak mengijinkan akun anda dihapus, buat dahulu akun Google tambahan di tempat yang sama dengan mememilih +Add account. Buat akun lain dengan email google yang berbeda. Kemudian hapus akun asli yang biasa anda pakai.

Restart Handphone anda, kemudian login lagi ke pengaturan akun Google tersebut lalu +Add account asli anda atau yang pertama lalu hapus akun yang kedua. Kemudian kembali ke cara pertama yaitu clear cache dan force stop lalu restart kembali android anda.

Mudah mudahan dengan cara ini anda sudah tidak gagal lagi install aplikasi-game dari Google Play Store, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Kolom Komentar dan Bertanya