Cara Cek Kadaluarsa Ijin Edar Obat dan Makanan di BPOM Secara Online

Jika anda akan membeli obat atau makanan maka wajib cek dahulu masa berlaku edaran obat tersebut di BPOM. Untuk mengecek masa berlaku ijin beredar sangatlah mudah.

Bagi anda pengguna barang bat kosmetik perlu wajib diperhatikan produk yang akan anda beli. Hal tersebut dikarenakan banyak obat yang tidak mendapatkan ijin edar oleh BPOM.

Tentunya obat-obatan yang dapat ijin edar oleh BPOM telah diuji terlebih dahulu dan aman jika digunakan. Namun ijin edar suatu obat dan makan ada masa berlakunya. Nah anda dapat mengeceknya seperti yang saya lakukan ini:

Cek Masa Berlaku Ijin Edar Obat dan Makanan di BPOM Online

1. Silahkan kunjungi Situs Pengecekan BPOM.

2. Kemudian pada kolom cari ubah menjadi “NAMA PRODUK”. Kemudian ketikkan nama produk yang ingin anda cek.

Cara cek obat di situs BPOM secara online3. Maka akan muncul nama obat yang akan anda cari. Disitu tertera tanggal registrasi dan nama pendaftar.

cara cek masa berlaku obat di BPOM secara onlineSetelah anda mengetahui waktu tanggal pendaftarannya maka kita bisa ketahui masa berakhirnya ijin edar dari obat yang anda cari yaitu:

Sesuai Pasal 37 ayat (2) Keputusan Kepala Badan POM No.HK.00.05.3.1950 Tahun 2003 Tentang Kriteria dan Tata Laksana Registrasi Obat, ditetapkan bahwa izin edar obat berlaku 5 (lima) tahun selama memenuhi ketentuan yang berlaku.

Jadi masa berlaku hanya 5 tahun terhitung setelah produk tersebut terdaftar dan disetujui ijin edar oleh BPOM. Jika produk yang anda gunakan tidak terdaftar di BPOM lebih baik anda berhati hati. Semoga informasi yang singkat ini bermanfaat untuk anda.

Kolom Komentar dan Bertanya