Lafaz Niat Puasa Daud dan Kupas Tuntas Mengenainya

Kali ini penulis masih ingin berbagi informasi Religi mengenai PUASA. Kali ini kita akan berbicara mengenai PUASA DAUD. Berikut bacaan niat dan penjelasan lengkapnya.

Puasa Daud merupakan salah satu macam dari puasa sunnah di agama islam. Adapun cara pelaksanaannya yaitu kita melakukan puasa secara berselang-seling, hari ini berpuasa maka besok tidak dan lusa kembali berpuasa. Puasa ini dapat dilakukan sepanjang tahun (jika sanggup), akan tetapi ketika memasuki hari-hari dimana dilarang untuk berpuasa, maka puasa ini tidak dilakukan.

Jika ditilik lagi, puasa Daud ini merupakan puasa yang tidak banyak peminatnya, hal ini dikarenakan puasa Daud merupakan puasa yang berat dalam pelaksanaannya, butuh ke-istiqomahan yang sangat besar, keseriusan, konsentrasi, dan komitmen yang tinggi.

Dari beberapa sumber dikatakan bahwa puasa Daud merupaka puasa sunnah yang memiliki derajad lebih tinggi dibandingkan puasa sunnah lainnya. Dan juga Alloh mencintai orang-orang ang berpuasa Daud. Hal ini diperkuat dengan riwayat dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan padanya,

Sebaik-baik shalat di sisi Allah adalah shalatnya Nabi Daud ‘alaihis salam. Dan sebaik-baik puasa di sisi Allah adalah puasa Daud. Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan beliau shalat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Adapun puasa Daud yaitu puasa sehari dan tidak berpuasa di hari berikutnya.” (HR. Bukhari no. 1131).

“Kerjakanlah puasa yang paling afdhol di sisi Allah, itulah puasa Daud. Beliau berpuasa sehari dan berbuka (tidak berpuasa) sehari” (HR Bukhari dan Muslim)

Berbicara sedikit mengenai puasa, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam telah menjelaskan dalam hadits yang shahih bahwa puasa adalah benteng darisyahwat, perisai dari neraka, Allah Tabaraka wa Ta’ala telah mengkhususkan satu pintu syurga untuk orang yangpuasa, puasa bisa memutuskan jiwa dari syahwatnya, menahannya dari kebiasaan-kebiasaan yang jelek, hingga jadilahjiwa yang tenang.

Puasa Daud merupakan puasa yang dulunya dilakukan oleh Nabi Daud. Nabi Daud merupakan seseorang atau seorang Nabi yang diberikan keistimewaan oleh Alloh yang tidak hanya menjadi seorang nabi, akan tetapi juga sebagai seorang raja yang kuat, berwibawa, kharismatik, ahli perang terkemuka, dan memliki suara yang merdu. Berdasarkan dari beberapa tulisan yang saya baca, Nabi Daud menjadikan puasa yang ia lakukan sebagai proses pengkontrolan diri, Tazkiyah dan Taqarub ilallah (mendekatkan diri kepada Alloh).

Keutamaan Puasa Daud

Seperti halnya puasa-puasa lainnya, jika kita melaksanaakan puasa Daud maka kita insyaa Alloh akan menjadi sehat. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Alexis Carrel (seorang dokter peraih salah satu Novel) didapatkan bahwa seseorang yang melakukan puasa secara rutin maka akan dapat menjadikannya lebih awet muda baik secra fisik, mental, dan spiritual. Dan hal ini sejalan dengan sabda Rasulullah SAW yang menyatakan:

“Berpuasalah kamu sekalian, maka niscaya kamu akan sehat” (HR. Muslim)

Adapun keutamaan dari puasa Daud adalah sebagaimana yang telah disampaikan Rasulullah bahwa puasa daud adalah puasa yang paling utama. Diriwayatkan dari Abdullah bin ‘Amr bin al ‘Ash berkata,”Aku memberitahu Rasulullah saw bahwa aku mengatakan,’Demi Allah aku akan puasa sepanjang siang dan sholat sepanjang malam seumur hidupku.’ Maka Rasulullah saw berkata kepadanya,’Apakah kamu yang mengatakan,’Demi Allah aku akan berpuasa sepanjang siang dan sholat sepanjang malam seumur hidupku.’ Aku mengatakan,’Sungguh aku yang mengatakannya.’ Beliau bersabda,’Sesungguhnya engkau tidak akan sanggup untuk itu maka berpuasalah dan berbukalah, sholat malamlah dan tidurlah. Berpuasalah tiga hari dalam sebulan maka sesungguhnya suatu kebaikan dibalas dengan sepuluh kali lipat yang sepertinya dan hal itu seperti berpuasa sepanjang masa.’ Aku mengatakan,’Sesungguhnya aku sanggup melakukan yang lebih dari itu wahai Rasulullah.’ Beliau saw bersabda,’Berpuasalah sehari dan berbukalah dua hari.’ Aku mengatakan,’Sesungguhnya aku sanggup melakukan yang lebih dari itu.’ Beliau bersabda,’Berpuasalah sehari dan berbukalah sehari. Ini adalah puasa Daud dan ini puasa yang paling baik.’ Aku mengatakan,’Sesungguhnya aku sanggup melakukan yang lebih dari itu wahai Rasulullah.’ Beliau bersabda,’Tidak ada yang lebih utama darinya.” (HR. Bukhori)

Maksud dari utama disini adalah melaksanakan puasa Daud lebih utama dari puasa sunnah lainnya, lebih utama dari puasa senin kamis, puasa tiga hari dalam sebulan (yang pahalanya seperti puasa sepanjang masa), dan puasa arafah (yang ganjarannya akan dihapuskan seluruh dosa kecil selama setahun sebelumnya). Tahukah kamu apabila kita melakukan puasa Daud secara rutin, sama halnya kita melakukan puasa setengah tahun. hal ini seperti yang dijelaskan dalam salah satu riwayat yang mengebutkan,

Tidak ada puasa yang lebih afdhol dari puasa Daud. Puasa Daud berarti sudah berpuasa separuh tahun karena sehari berpuasa dan sehari tidak berpuasa.” (HR. Bukhari no. 6277 dan Muslim no. 1159).

Lafaz Niat Puasa Sunnah Daud

Seperti halnya dengan Puasa Qadha dan Puasa Nazar mengenai pembacaan niat, lagi-lagi itu kembali kepada anda, ada ulama ang mengatakan niat tidak perlu dilafadzkan karena niat itu yang paling utama adalah yang berasal dari hati. Akan tetapi agar lebih afdol (bagi muslim di Indonesia) adapun lafadz niat puasa Daud yang umumnya dibaca adalah sebagai berikut :

نويت صوم داود سنة لله تعالى

NAWAITU SHAUMA DAAWUDA SUNNATAL LILLAAHI TA’AALA

Saya niat puasa Daud, sunnah karena Allah ta’ala

Boleh saja kita melakukan puasa Daud secara rutin, akan tetapi yang terpenting adalah jangan sampai dikarenakan kita berpuasa sehingga membuat kita melalaikan perkara-perkara wajib lainnya.

Tulisan ini dibuat dari berbagai sumber:

  • http://muslim.or.id/fiqh-dan-muamalah/puasa-daud-sebaik-baiknya-puasa.html
  • http://www.alkhoirot.net/2011/12/hukum-puasa-dalam-islam.html
  • http://www.eramuslim.com/ustadz-menjawab/tentang-puasa-daud.htm#.U5CIPIF_vEo
  • http://belajar-fiqih.blogspot.com/2013/12/niat-puasa-nabi-daud.html
  • http://qultummedia.com/55-kabar-qultum/review/864-manfaat-dahsyat-puasa-wajib-dan-sunnah
  • E-book Risalah Puasa. Dari syariahonline.com

Demikian berbagi informasi religi tentang Niat Puasa Daud dan Kupas Tuntasnya, semoga bermanfaat untuk anda, selamat menjalankan.

Kolom Komentar dan Bertanya