Cara yang Benar Charge HP Android Agar Baterai Awet

Jika anda pengguna smartphone android terutama yang banyak aplikasi dan sering main game maka akan sering sekali charge / Cas baterai HP tersebut.  Ada yang perlu anda perhatikan jika anda melakuan pengisian daya baterai tersebut.

Dengan melakukan cara charge yang baik dan benar maka umur baterai smartphone android anda akan awet lebih lama.  Berikut ini ha-hal yang perlu anda perhatikan:

  • Matikan HP anda sebelum melakukan pengisian daya (Charge)
  • Sebelum dimatikan HP anda, tutup semua aplikasi yang berjalan, caranya yaitu dengan cara pilih menu Setting/Pengaturan -> All Settings/Semua Pengaturan -> Applikasi.

menu aplikasi android

  • Kemudian pilih Tab menu Running/Menjalankan, silahkan anda pilih aplikasi yang berat dan menguras batrei anda, cara cepatnya yaitu memerikan tanda ceklis lalu pilih menu Option Stopping/Berhenti.

cara charge HP Android

  • Kemudian saat mengecas buka kasing pelindung & tutup batrei bagian belakang.  Tujuannya yaitu agar batrei anda tidak terlalu tinggi suhu batrei saat di cas.
  • Terakhir yaitu setelah proses pengisian daya sudah 100%, jangan langsung dihidupkan, tetapi biarkan 10 menit agar suhu batrei kembali dingin.
  • Jangan lakukan charge pada listrik dengan arus daya yang tidak stabil.

Nah begitulah cara saya dalam charge HP Android agar nantinya baterai tahan lama dan awet.  Sekian tips dan informasi dari saya, semoga bermanfaat, selamat mencobanya.

Kolom Komentar dan Bertanya