Apa itu Fungsi CPU dan GPU di Spesifikasi Smartphone Android?

Jika anda akan membeli Handphone Android yang perlu diperhatikan yaitu CPU dan GPU.  Nah apakah yang di maksud CPU dan GPU di Android? Pada tlisan ini saya akan menjelaskannya.

Sesuai dengan namanya “Smartphone” yaitu handphone cerdas baik OS Android, Apple, Windows Phone dilengkapi perangkat yang mirip dengan komputer untuk meningkatkan kinerjanya.  Perangkat tersebut sperti CPU, GPU, RAM dll.

Biasanya jika anda melihat referensi spesifikasi smartphone akan tertera beberapa penjelasan perangkat tersebut seperti berikut:

Spesifikasi CPU GPU AndroidSpesifikasi di atas adalah spesifikasi dari Lenovo P780, Perhatikan pada keterangan CPU dan GPU nya. Mari saya jelaskan mulai dari komponennya dari atas

1. Chipset

Chipset sendiri adalah brand yang digunakan di smartphone yang meliputi CPU.

2. CPU (Central Processing Unit)

Atau sering kita kenal dengan namanya prosesor, yang begitu penting dalam perangkat android untuk pengendali jalannya sistem dalam sebuah smartphone.  Saat ini smartphone sudah tersedia CPU dengan Quad-Core dan Qualcom.  Saat ini juga tersedia beberapa jenis CPU Android yaitu seperti Exynos, OMAP, Tegra, Snapdragon, MediaTek, dan PXA.

3. GPU (Graphics Processing Unit)

Kalau dalam istilah komputer GPU ibaratkan seperti VGA yaitu semacam perangkat yang membantu CPU untuk memproses dan menampilkan gambar / grafik dengan kualitas baik.  Biasanya Smartphone yang memiliki spesifikasi GPU dapat memainkan game HD dengan lancar. Seperti halnya di komputer ada beberapa jenis GPU Android dengan produsen berbeda seperti Adreno, PowerVR, Mali, dan GeForce ULP.

Jadi kesimpulannya adalah jika anda ingin membeli sebuah smartphone dengan kualitas baik yaitu pilih spesifikasi HP Android dengan CPU dan GPU tinggi.  Selain itu jenis dari CPU dan GPU diperhatikan juga, pilih jenis dua perangkat tersebut yang diproduksi oleh produsen terkenal.

Itulah penjelasan mengenai CPU dan GPU di Android sebagai referensi anda dalam memilih-milih smartphone yang menurut anda baik performanya berdasarkan kedua perangkat tersebut.

4 Comments

  1. Ekokurniawan 22/12/2014 Reply
    • kusnendar 22/12/2014 Reply
  2. abrielbati 20/03/2015 Reply

Kolom Komentar dan Bertanya