Memunculkan File yang Dihidden Terkena Virus di Komputer

Tanda-tanda komputer anda terkena virus yaitu file atau dokumen anda akan hilang atau disembunyikan sementara selama  virus tersebut belum dibersihkan.  Misalnya virus shortcut dan 1 kb akan menghidden file dokumen asli anda dan yang muncul hanyalah file-file virus saja.

Anda harus berhati-hati jika file anda disembunyikan oleh virus.  Anda jangan memformat FD atau komputer yang berisikan file yang sedang dihidden oleh virus.  Ada beberapa virus yang menyembunyikan file asli anda tanpa harus menghapus virusnya anda masih bisa membuka file yang disembunyikan tersebut.

1. Memunculkan Lagi File Tersembunyi Akibat Virus

Cara berikut ini adaah cara jika tools Folder Options untuk memunculkan file dan ektensi belum ikut terjangkiti virus.  Cara ini masih bisa digunakan jika komputer anda terkena virus shortcut.

Silahkan buka folder file yang terkena virus, kemudian pilih menu ORGANIZE -> FOLDER AND SEARCH OPTIONS.

MEMUNCULKAN FILE HIDDEN PC

Lalu Pada Folder Options -> Beri tanda ceklis pada Show hidden files, flder, and drives lalu OK

Cara mengembalikan file tersembunyi

Maka file yang disembunyikan oleh virus akan muncul dan bisa anda buka kembali.

2. Memunculkan Lagi File dengan CMD

Caranya buka program RUN atau tekan logo Windows + R lalu ketikkan CMD lalu OK.

RUN CMD

RUN CMD

Misal folder file anda berada di local disk F maka ketikkan F: lalu tekan ENTER.  Selanjutnya ketikkan attrib -s -r -h /s /d lalu tekan ENTER.

Cara memunculkan folder terkena virus

tunggu proses selesai lalu tutup Command Prompt anda.  Lalu lihat folder yang anda yang terkena virus maka akan muncul kembali.  Cara ini dilakukan ketika virus sudah parah menyerang komputer anda dan Tools Folder Options (Cara 1) tidak muncul.

Kedua cara memunculkan folder atau file yang terkena virus dan disembunyikan ini sudah saya coba di komputer Windows 7 saya dan berhasil, sekarang giliran anda mencobanya, semoga bermanfaat.

Kolom Komentar dan Bertanya