Cara Menghapus Virus Shortcut di Flashdisk Windows 7

Saya akan berbagi cara menghapus virus shortcut di flashdisk dan di komputer Windows 7 berdasarkan pengalaman saya.  Anda harus berhati-hati dengan jenis virus ini, karena jenis virus ini membuat file anda hilang atau disembunyikan.

Jika flashdisk atau komputer anda terjangkit virus ini maka semua file baik folder maupun file dokumen akan hilang dan yang muncul hanyalah shortcut file atau folder anda.  Anda jangan sampai membuka file anda yang sudah menjadi dalam shortcut tersebut karena akan membuat virus meluas sampai ke system 32.

Membersihkan Virus Shortcut di FD dan Komputer

Langkah-langkah Saat Virus Shortcut Menyerang FD dan Komputer

Berikut hal yang perlu anda perhatikan jika flashdisk atau komputer anda terkena virus shortcut.

  1. Jangan hapus file atau folder anda yang sudah berubah menjadi shortcut
  2. Jangan memformat ulang FD atau komputer anda apalagi jika file didalam perangkat anda tersebut adalah file penting
  3. Jika FD anda terkena dan komputer anda terkena jangan sekali kali memindahkan file yang sudah menjadi shortcut ke komputer anda dan sebaliknya.

Cara Membersihkan Virus Shortcut

Sebenarnya mudah sekali untuk menghapus jenis virus ini, dan anda pun bisa menggunakan antivirus lokal.  Contoh anti virus lokal yang ampuh menghilangkan virus ini yaitu SMADAV.  Cara inipun sudah saya terapkan di komputer saya dan berhasil.

Cara kerja anti virus Smadav itu sendiri yaitu menghapus virus shortcut, kemudian mengembalikan file atau folder asli anda agar terlihat.  Oleh karena itu makanya anda jangan menghapus atau memformat FD dan komputer ketika semua file anda berubah menjadi shortcut.

Agar komputer anda lebih aman dari virus ini anda bisa menginstall Smadav selain menginstall anti virus luar lainnya.  Antivirus ini akan selalu aktif dan men-scan ketika FD terhubung, sehingga ketika FD terdeteksi virus ini maka akan langsung dihapus, demikan informasi menghapus virus shortcut semoga bermanfaat untuk anda.

5 Comments

  1. Syahrul 19/07/2014 Reply
  2. Dica Ramadhani 04/09/2014 Reply
    • kusnendar 04/09/2014 Reply
  3. Ahmad Ridwan 20/11/2014 Reply
    • kusnendar 20/11/2014 Reply

Kolom Komentar dan Bertanya