Resep Ikan Mas Panggang Asam Khas Hutapadang

Siapa yang suka Ikan bakar atau makanan yang melalui proses pembakaran lainnya? Sepertinya hampir semua orang menyukainya. Hal ini dikarenakan dengan cara dibakar rasa dari ikan itu sendiri masih tetap sama dan tidak berubah.

Di keluarga saya (penulis) ada satu resep ikan bakar khas, resep special keluarga, yang hanya bisa anda dapatkan di satu kampung di Tapanuli Selatan, yaitu kampung Hutapadang. Bumbu ikan bakar yang pedas bercampur dengan asam, menambah kesegaran dan kenikmatan anda ketika menyantapnya dengan nasi putih panas. Ehmm rasanya sungguh menggiurkan.

Namun, tidak usah khawatir tidak bisa mencicipi ikan bakar satu ini, anda bisa mencobanya sendiri di rumah. Bumbu dan cara pengerjaannya? Tenang, semua bahan gampang dan cara pengerjaannya pun juga mudah.

Bahan Ikan Panggang Asam Khas Hutapadang

– Ikan mas

Bumbu Ikan Panggang Asam Khas Hutapadang

  • Cabe Merah
  • Bawang Batak / Lokio
  • Garam
  • Asam Siala

Cara Membuat Ikan Panggang Asam Khas Hutapadang

  1. Ikan Mas di bersihkan seperti biasa dengan menggunakan jeruk nipis dan garam, sisihkan (sebaiknya menggunakan ikan mas yang masih segar)
  2. Tumbuk asam siala yang telah dibersihkan, lalu peras dan ambil sarinya.
  3. Giling Cabe merah, bawang batak, dan garam.
  4. Campurkan sari dari asam siala dengan bumbu yang digiling. Sisihkan.
  5. Bersihkan ikan yang akan dibakar lalu ambil sedikit bumbu tadi dan lumuri, diamkan kurang lebih 30 menit. Tujuannya adalah agar bumbu meresap ke dalam ikan.
  6. Setelah itu, bakarlah ikan di atas barang api. Rasa akan berubah jika ikan dibakar bukan dengan bara api.
  7. Angkat ikan yang telah matang, dan siramlah ikan dengan sisa bumbu yang ada ketika di sajikan.
  8. Ikan bakar ini lebih enak di santap dalam kondisi panas-panas dengan menggunakan nasi panas.

Note: selain ikan bisa diganti dengan daging sapi, kerbau atau kambing. Akan tetapi untuk daging, sebaiknya di rendam dengan bumbunya dengan waktu yang lebih lama lagi.

Itu tadi ikan bakar/panggang asam khas Hutapadang. Rasa asam yang khas dari asam siala dan aroma khas dari bawang batak menambah kelezatan anda ketika menyantapnya.  Selamat mencoba.

Kolom Komentar dan Bertanya