Menulis Huruf Arab di Word 2007 Tanpa Aplikasi Software

Sekarang anda dapat menulis tulisan Arab di Microsoft Word di Windows 7 dengan mudah tanpa anda harus menggunakan aplikasi atau add on yang harus diinstall ke komputer anda.  Hal tersebut dikarenakan di Windows 7 sendiri sudah disediakan tools tersendiri untuk melakukan hal tersebut.

Pada kesempatan kali ini saya akan share bagaimana cara menulis huruf Arab di Word dengan mudah.  Pihak Microsoft sudah memberikan fasilitas Language yang terdiri dari berbagai bahasa di seluruh dunia. Hal tersebut berguna untuk memudahkan pengguna Windows dalam mengetik tulisan dengan bahasa negara masing masing.

Fungsi Bahasa / Language diWindows 7 dapat digunakan untuk menuliskan font atau huruf dari bahasa yang tidak menggunakan huruf alfabetik seperti Arab, Jepang, mandarin, Thailand dll. Baiklah simak langsung caranya berikut ini:

Menulis Font Arab di Microsoft Word

1. Langkah pertama yaitu aktifkan Tools Language, untuk caraany bisa anda baca di Memunculkan Tools Language di Taskbar.

2.Setelah muncul di taskbar tambahkan bahasa arab, caranya yaitu pilih icon Language di Taskbar lalu tekan tombol kanan mouse anda kemudian pilih SETTINGS.  Setelah muncul kotak Text Services and Input Languages pilih menu ADD -> Arabic (Saudi Arabia) -> Beri tanda ceklis lalu OK

menambah huruf arab word

3. Jika sudah langkah selanjutnya yaitu buka Microsoft Word anda.

4. Kemudian mari kita munculkan Simulator Keyboard, caranya silahkan pilih menu START ->ALL PROGRAMS->ACCESSORIES->EASE OF ACCESS->ON-SCREEN KEYBOARD.  Setelah keyboard muncul di layar Word anda sekarang waktunya kita ganti huruf pada keyboard menjadi huruf arab, caranya silahkan anda arahkan kursor anda ke Ikon Language di Taskbar dan ganti menjadi Arab.

keyboard huruf arab

Maka huruf di keyboard akan berubah menjadi arab dan anda bisa menulis tulisan arab di Word.

menulis huruf arab di word

Dengan cara tersebut anda bisa menulis arab di Word Windows 7 tanpa anda menggunakan aplikasi tambahan yang harus diinstall ke komputer anda, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

One Response

  1. Auri 02/04/2014 Reply

Kolom Komentar dan Bertanya