Hati-hati Merawat dan Membersihkan LED Monitor Terbaik Anda

Jika anda memliki LED Monitor maka perlu berhati-hati dalam merawat khususnya saat membersihkannya.  Tindakan pembersihan yang tidak tepat akan membuat LED anda akan cepat rusak.

Teknologi semakin berkembang, dulu monitur masih monitor tabung dengan ukuran yang besar, kemudian muncul generasi selanjutnya yaitu LCD yang lebih tipis.  Kemudian generasi selanjutnya muncul LED dengan teknologi yang lebih modern.  Jika LED memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan LCD.

LED lebih hemat listrik, lebih tipis, lebih ringan dan kualitasnya lebih bagus daripada generasi monitor sebelumnya.  Namun disisi lain maka sangat perlu diperhatikan dalam melakukan perawatan LED. Pada kesempatan ini saya akan beberap share cara merawat dan membersihkan LED Monitor kesayangan anda.

Langkah Membersihkan dan Merawat Monitor LED

1. Dengan menggunakan kain halus atau kapas silahkan anda bersihkan bagian cashing dan stand/dudukan monitor.  Gunakan sedikit air (Jangan terlalu Basah) untuk membantu membersihkannya jika kotoran depu sudah banyak dan susah untuk dihilangkan.

2. Dalam keadaan OFF Monitor LCD silahkan anda bersihkan dengan kain halus(kain kacacmata), gunakan air sedikit atau cairan khusus pembersih layar monitor.  Saat mengelap jangan tekan layar monitor. Pastikan layar bersih dari debu dan bekas cairan.

3. Gunakan kuas untuk membersihkan Port bagian monitor yang ada debunya, pilih kuas yang lembut. Kemudian lap dengan kain halus.

Alat dan Bahan yang Harus Dihindari Saat Merawat LED

1. Saat membersihkan jangan menggunakan bahan pembersih yang mengandung alkohol, amonia, atau bahan keras lainnya.

2. Hindari menggunakan bahan yang digunakan pembersih layar berbahan handuk, kertas tisu atau kain kasar lainnya.

3. Jauhkan LED Monitor dengan sound speaker, karena tidak semua speaker sudah magnetically shielded.

Nah itulah cara merawat dan membersihkan monitor LED anda, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Kolom Komentar dan Bertanya