Cara Upload Foto ke Instagram Sesuai Ukuran Asli

Umumnya jika kita upload foto di Instagram maka foto kita harus di cropping menjadi Square sehingga tidak tampak penuh.  Namun sekarang anda bisa upload foto sesuai dengan ukran asli tanpa foto anda dicropping terlebih dahulu dan saya akan share caranya.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar foto yang kita upload di instagram berukuran penuh, yaitu salah satunya yang pernah saya jelaskan sebelumnya di tulisan “Solusi Upload Foto Agar Pas Persegi“.  Namun pada kesempatan ini saya share cara berbeda yaitu dengan menggunakan aplikasi.

crop di instagram

Crop di Instagram

Karena saya menggunakan android anda bisa mencoba Aplikasi SquareIt, Anda bisa mendonlotnya di Google Play.  Berikut langkah-langkah menggunakan aplikasi ini:

SquareIt Aplikasi untuk Upload Foto Ukuran Asli di Instagram

1. Silahkan anda install aplikasi SquareIt, kemudian buka aplikasinya.  Lalu pilih menu Picture -> Gallery, pilih foto yang ingin anda upload ke instagram dengan ukuran full.

upload foto asli instagram

2. Kemudian akan langsung akan muncul otomatis foto anda secara penuh.  Agar terlihat penuh saat upload ke instagram maka aplikasi ini memberikan background disekeliling foto anda.  Untuk merubah warna background disekeliling foto anda pilih menu EDITOR (kanan atas).

Upload foto asli di instagram

3. Jika sudah selanjutnya ada beberapa pilihan menu ikon lainnya yaitu seperti ikon Disket untuk menyimpan foto square anda tersebut ke Android anda.  Namun jika anda ingin langsung upload ke Instagramnya silahkan pilih menu SHARE.

4. Pilih menu ikon logo instagram untuk mengupload secara langsung.

share foto di instagram5. Dan berikut hasil foto saya yang tampak penuh di Instagram dengan menggunakan aplikasi SquareIt.

square foto instagram

Selain itu walaupun foto sudah teredit oleh aplikasi ini namun ukuran resolusi dan filenya masih besar, seperti punya saya resolusinya 1129×1129 pixel dengan ukuran file 228 Kb yang sebelumnya berukuran 5MB karena diambil dengan menggunakan kamera DSLR.  Sehingga jika di zoom maka foto anda tidak tampak pecah dan masih tajam.

ukuran file foto intagram

Selain aplikasi ini ada beberapa aplikasi square lainnya dan bisa anda coba sendiri.  Demikian tutorial cara upload foto ke Instagram sesuai ukuran foto asli.  Jika anda menginginkan akun Instagram anda banyak followersnya bisa baca Tutorial Menambah Followers. Selamat mencoba.

4 Comments

  1. Gigih Kurniawan 05/07/2014 Reply
  2. ian 24/11/2014 Reply
    • kusnendar 26/11/2014 Reply
  3. kholil 03/05/2015 Reply

Kolom Komentar dan Bertanya