Bacaan Doa untuk Ibu Hamil dan Bayi Di Kandungan

Bayi adalah anugrah terindah dan amanah dari Tuhan untuk para orang tua.  Semua orang tua pasti menginginkan anaknya sehat saat di kandungan dan tentunya selamat saat melahirkan dan nantinya bayi tersebut menjadi anak yang baik dan membangggakan keluarganya.

Didalam ajaran Islam sendiri diajarkan dan disunnahkan membaca doa bagi ibu yang sedang mengandung atau hamil bayi di dalam Kandungan.  Doa adalah cara hamba untuk memohon kepada Sang Pencipta atas apa yang diinginkan.

Kali ini saya akan share Doa untuk Calon Bayi di dalam Kandungan. Doa-doa berikut ini adalah doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW dan dikutip dari Al Quran:

Doa untuk Ibu Hamil

Doa Pertama untuk Doa Keselamatan Bayi

اللََّهُمَّ احْفظْ وَلَدِيْ مَادَمَ فِيْ بَطْنِيْ وَاشْفِهِ اَنْتَ شَافٍ لاَشِفآء إلاَّشِفَاؤُكَ شِفآءً لاَ يُغَادِرُسَقَمًا اَللََّهُمَّ صَوِّرْهُ في بَطِْنيْ صوْرَ ةً حَسَنَـةً وثَبِّتْ قَلْبَـهُ إ يْمَانًابِكَ وَِبرَسُوْلِكَ، اَللََّهُمَّ اخْرجْهُ مِنْ بَطْنِيْ وَقْتَ وِلاَدَتِـْي سَهْلاً وَتَسْلِيْمًا، اَللََّهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحاً كَامِلاً وَعَاقِلاً حَاذِقَاً عَالِماًعَامِلاً، اَللََّهُمَّ طوِّلْ عُمْرَهُ وصَحِّحْ جَسَدَهُ وحَسِّنْ خُلُوْقَهُ وَافْصَحْ لِسَانَهُ وَاَحْسِنْ صَوْرَتَهُ لِقِرَآءَةِالْقُرْآن وَالْحَدِيْث بِبَرَكَةِ مُحَمَّدٍ صَلَّي الله ُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Artinya: “ Ya Allah jagalah anaku selama ada dalam kandunganku, sembuhkanlah dia (apabila ada penyakitnya), Engkau adalah Dzat yang Maha Menyembuhkan, tidak ada obat (kesembuhan) kecuali obat (kesembuhan) yang datang dari-Mu, kesembuhan yang tidak akan membawa penyakit, Ya Allah jadikanlah anak-anak yang ada dalam kandunganku dengan bentuk yang bagus (tampan/cantik) dan tetapkanlah di dalam hatinya untuk senantiasa beriman kepada-Mu dan Rasul-Mu. Ya Allah keluarkanlah anakku dari kandunganku pada waktu aku melahirkan mudah dan selamat. Ya Allah jadikanlah anakku menjadi anak-anak yang sehat, sempurna, berakal, cerdas, alim mau mngamalkan ilmunya. Ya Allah berilah anakku umur yang panjang, badan yang sehat, akhlak (budi pekerti) yang baik, lisan yang fasih serta suara yang bagus untuk membaca Al Qur’an dan Hadits dengan mendapat berkahnya Nabi Muhammad SAW, segala puji hanyalah untuk Allah yang menguasai seluruh alam”.

Doa Kedua Q.S Ali Imran Ayat 35

رَبِّ إِنِّي نَذَرْتُ لَكَ مَا فِي بَطْنِي مُحَرَّراً فَتَقَبَّلْ مِنِّي إِنَّكَ أَنتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Artinya: “…”Ya Tuhanku, Sesungguhnya aku menadzarkan kepada Engkau anak yang dalam kandunganku menjadi hamba yang saleh dan berkhidmat (kepada Mu). karena itu terimalah (doaku) ini . Sesungguhnya Engkaulah yang Maha mendengar lagi Maha Mengetahui”.

Doa tersebut bacalah saat sholat wajib, tahajud, dhuha dan sebelum tidur. Untuk Ibu Hamil lebih baik untuk senantiasa selalu mendekatkan diri kepada Tuhan seperti perbanyak membaca dan mendengarkan Al-Quran karena secara tidak langsung bayi yang ada dikandungan baik buruknya akhlaknya nanti di dunia dipengaruhi prilaku dan akhlak ibunya saat mengandung, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.  Sumber referensi doa: m-alwi.com.

Kolom Komentar dan Bertanya