[Tutorial] Membuka File .Zip di Android

Berikut adalah cara saya dalam membuka dan ekstrak file .Zip di HP Android dengan aplikasi. Saat ini pemakai smartphone semakin bertambah apalagi didukung dengan layanan provider yang menyediakan layanan internet murah.  Rata-rata masyarakat cenderung menggunakan smartphone dalam menjelajahi dunia maya dan mendonlot file-file yang mereka butuhkan.

Terkadang para pemilik file sengaja mengupload file mereka dalam bentuk file .zip.  Hal tersebut dikarenakan ukuran file yang akan mereka upload terlalu besar dan akan memakan space paket internet mereka sehingga ukuran file mereka di kompres atau dikecilkan dalam bentuk file ZIP.

Jika anda mendonlot file ZIP dengan menggunakan komputer tidaklah masalah karena dapat dibuka dan ekstrak secara langsung di PC.  Sedangkan di smartphone perlu menggunakan aplikasi agar file Zip tersebut terbuka.

Ada beberapa aplikasi yang bisa anda gunakan untuk membuka dan mengekstrak file ZIP.  Nah kali ini saya akan review sebuah Aplikasi Android untuk Membuka dan Ekstrak File ZIP. Berikut nama aplikasi dan cara penggunannya.

Cara Menggunakan Aplikasi AndroZip

Aplikasi ini bisa anda dapatkan di Google Play, install aplikasi tersebut ke HP Android anda.  Cara penggunannya sangat mudah:

1. Buka aplikasi AndroZip

2. Kemudian browser atau cari dimana folder file ZIP anda berada.  Lalu pilih file ZIP anda dengan menekan lama.  Lalu akan muncul menu Exstrak File Here.

aplikasi androizip ekstrak zip

3. Lihat hasilnya maka file yang berada di folder ZIP akan terbuka dan diletakkan di folder dimana file ZIP berada.

ekstrak file zip andrid

Demikian cara saya dalam membuka file ZIP di Android, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

2 Comments

  1. Marzuki Ibrahim 28/05/2014 Reply
    • kusnendar 28/05/2014 Reply

Kolom Komentar dan Bertanya