Menjaga Warna Handuk Agar Tetap Cemerlang

Handuk di rumah anda cepat berubah menjadi kusam, seperti tidak pernah dicuci atau dibersihkan? Padahal anda sering membersihkan dan mencucinya? Seringkali setelah dipakai selama beberapa waktu handuk akan berubah menjadi lebih kusam dan warna memudar. Sehingga anda menjadi malu untuk menjemur handuk diluar atau mengakibatkan anda harus selalu membeli handuk baru disaat anda berencana menginap di luar kota dan hal tersebut berarti anda harus mengeluarkan biaya lagi.

Namun jangan khawatir ada beberapa tips untuk merawat atau menjaga warna handuk anda agar tetap cemerlang dan warna bertahan lebih lama dengan bahan yang mudah didapat dan biaya yang minim. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan air panas. Berikut tips memanfaatkan air panas untuk mempertahankan warna handuk yang dimiliki.

Hal yang pertama anda lakukan adalah didihkan air secukupnya, setelah itu campurkan dengan pewangi pakaian (optional). Setelah air mendidih tuangkan campuran air tersebut ke dalam ember atau baskom yang sudah berisi detergen atau sabun cuci lalu rendamkan handuk yang akan dicuci. Untuk proses perendaman ini, sebaiknya air yang digunakan cukup hingga handuk basah dan dapat merendam semuanya. Diamkan handuk selama kurang lebih satu jam. Setelah satu jam, sikat dan cuci handuk tersebut seperti biasa. Hasilnya dapat anda lihat sendiri, handuk tetap berwarna cemerlang, walaupun dipakai berulang kali.

Akan tetapi ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, diantaranya pencucian handuk yang anda gunakan sebaiknya dilakukan setiap tiga hari sekali atau maksimal seminggu sekali.  Mengapa? Handuk yang sering digunakan akan bersifat lembab ditambah lagi apabila handuk tidak dijemur setelah pemakaian merupakan lokasi atau tempat yang paling disenangi oleh jamur untuk tumbuh. Tumbuhnya jamur dihanduk yang kita gunakan dapat mengakibatkan timbulnya penyakit kulit serta alergi. Selain itu hindari penggunaan handuk bersama-sama, karena apabila salah satu pihak memiliki penyakit kulit maka melalui handuk penyakit tersebut dapat ditularkan ketubuh anda. Dan pemanfaatan air panas ini sebaiknya tidak dilakukan disetiap pencucian handuk, namun minimal 2 minggu sekali. Hal ini dikarenakan, jika terlalu sering menggunakan air panas maka serat handuk akan lebih cepat lapuk dan menjadikan handuk lebih mudah sobek dan rusak.  Itulah tadi salah satu tips yang dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari. Selamat mencoba

Kolom Komentar dan Bertanya