Manfaat dan Cara Pemakaian Madu untuk Kesehatan Kulit Wajah

Siapa yang tak tahu madu? Semua orang mengenal dan mengetahui salah satu bahan makanan yang satu ini. Rasanya yang manis dan bentuknya yang cair namun kental dengan warna kuning keemasan hingga hitam menjadi ciri khas dari madu itu sendiri.

Selain bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh serta sebagai campuran bahan makanan, madu sudah sejak lama dimanfaatkan untuk mempertahankan kecantikan wanita dan pria, baik kecantikan kulit, wajah, rambut, dan lain sebagainya. Sejak dulu madu dapat dimanfaatkan untuk mengobati jerawat secara alami, selain itu juga dapat mempertahankan kesuburan dan keindahan rambut, serta menjaga kekenyalan dan kehalusan kulit baik kulit wajah maupun kulit tubuh. Oleh karena manfaatnya tersebut, saat ini banyak sekali produk kecantikan moderen memanfaatkan madu dengan mencampurkannya ke produk yang mereka hasilkan.

Madu Mengobati Jerawat

Tahukah anda, madu dapat digunakan untuk mengobati jerawat yang membandel. Hal ini dikarenakan madu mengandung zat anti peradangan dan sebagai antiseptik alami yang dapat membunuh miroorganisme penyebab jerawat. Seperti yang kita ketahui, salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah bakteri yang menyebabkan peradangan pada kulit.

Untuk mengobati wajah yang berjerawat, anda dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Cuci bersih muka anda terlebih dahulu dengan pembersih yang biasa anda gunakan.
  • Oleskan wajah dengan campuran madu ( madu 3 sdm ditambah dengan 1 sdt kayu manis bubuk) sebelum tidur.
  • Keesokan harinya, bilas wajah anda dengan air hangat secara perlahan-lahan.
  • Lakukan treatment ini rutin selama 2 minggu, wajah anda pun terbebas dari jerawat dan akan terasa lebih lembut.

Madu Menjaga Kehalusan dan Kekenyalan Kulit

Madu juga mengandung air dan juga Vit C yang penting untuk kesehatan, kekenyalan, dan kehalusan kulit. Kandungan air yang terdapat di madu berguna untuk memberikan kelembapan pada kulit. Sedangkan kandungan vitamin C berperan sebagai anti oksidan untuk menangkal radikal bebas dan bermanfaat untuk pembentukan kolagen yang memegang peranan penting dalam mempertahankan kehalusan dan kekenyalan kulit. Salah satu caranya adalah mencampurkannya ke dalam bahan lulur atau hanya dengan rajin mengoleskannya ke kulit anda sebelum tidur. Dan dipagi harinya bersihkan bagian tubuh yang anda oleskan madu dengan air.

Madu Mencegah Penuaan Dini

Seperti halnya mengobati jerawat di wajah, sebagai pencegah penuaan dini, madu lebih baik digunakan dalam bentuk masker wajah karena madu dapat mempertahankan kekencangan dan kekenyalan kulit wajah. Selain itu kandungan madu yg sangat banyak dapat dapat membantu anda dalam menangkal oksidan dan radikal bebas akibat sinar matahari dan polusi udara yang dapat menyebabkan proses penuaan dini. Dalam membuat masker wajah dalam mencegah penuaan, anda dapat mencampurkan madu dengan beberapa jenis buah seperti alpukat atau tomat, atau juga anda dapat mencampurkannya dengan kayu manis atau air teh.

Itulah tadi beberapa tips memanfaatkan madu untuk kesehatan diri anda.  Selain menjadikan kulit sehat madu juga bisa memberikan kesehatan bagi tubuh anda dengan mengkonsumsinya secara teratur. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Kolom Komentar dan Bertanya