Macam-macam Alergi, Penyebab dan Cara Mencegahnya

Bagi anda yang memiliki alergi perlu mengetahui apa penyebab kulit anda gatal-gatal yang dinamakan dengan alergi.  Setelah anda mengetahuinya maka anda harus jagadan menghindari penyebab alergi.  Tulisan ini berdasarkan pengalaman dari teman dan saya sendiri.

Alergi adalah gejala atau respon tubuh yang ditimbulkan berupa munculnya benjolan yang gatal di kuit diakibatkan tubuh tidak bisa menerima makanan maupun kondisi di lingkungan sekitar.  Setiap orang memiliki pantangan sendiri terhadap sesuatu yang menyebabkan diri mereka alergi. Alergi itu sendiri bermacam-macam penyebabnya, bisa dikarenakan oleh makanan dan lingkungan disekitar yang tidak cocok.

Macam-Macam Alergi serta Penyebabnya

1. Makanan, umumnya jenis makanan yang menyebabkan alergi yaitu makanan sea food seperti udang, kepiting dan jenis makanan laut lainnya yang dikonsumsi berlebihan.  Jenis makanan tersebut mengandung protein tinggi dimana tubuh anda menolak makanan tersebut dan muncullah gatal-gatal ditubuh anda.  Untuk mengatasi hal ini yaitu jangan terlalu banyak (porsi) jika ingin memakan sea food.  Dan untuk mentralisirnya jika setelah selesai makan minum teh hangat atau susu steril.

2. Kondisi lingkungan, biasanya penyebab alergi ini yaitu kondisi lingkungan yang lembab dan berdebu.  Biasanya penderita ini akan gatal-gatal tubuhnya jika tubuh dia berkeringat dan berada di kamar atau ruangan yang lembab dan berdebu.  Untuk mencegah alergi pada jenis ini tentunya anda harus menjaga kebersihan ruangan anda dan tentunya fentilasi ruangan harus bagus sehingga udara dapat tertukar.

3. Pakaian, pakaian yang ketat dan kotor memicu alergi kulit jika si penderita berkeringat juga.  Untuk mengatasi hal tersebut jagalah kebersihan pakaian anda dan gunakan pakaian yang longgar.

4.  olahraga, yang saya maksudkan yaitu ada penderita yang akan muncul alerginya jika sebelum berolahraga dia makan (asupan karbohidrat) baik nasi maupun kue 1 jam sebeum olahraga.  Saran dari saya untuk sebelum olahraga perbanyaklah minum dan jaga perut tetap kosong, jika lapar sebelum olahraga isi dengan buah pisang dan itu lebih baik.

Nahitulah beberapa jenis alergi dan penyebabnya.  Setiap orang pasti memiliki 1 atau lebih penyebab alergi dan tentunya orang tersebut selalu menjaga dirinya dari sesuatu yang menyebabkan dirinya alergi, semoga bermanfaat.

Kolom Komentar dan Bertanya